Berita Bangli

Pemilu 2024: Bawaslu Bangli Akan Segera Rekrut Panwascam

Tahapan Pemilu 2024 telah dimulai. Pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bangli pun akan segera melakukan perekrutan pengawas ad-hoc tingkat kecamatan

istimewa
Audiensi - Bawaslu Bangli saat melakukan audiensi ke Camat Kintamani. Selasa (23/8/2022) 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Tahapan Pemilu 2024 telah dimulai. Pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bangli pun akan segera melakukan perekrutan pengawas ad-hoc tingkat kecamatan (Panwascam).

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangli I Nengah Purna menjelaskan, panwascam memiliki tugas, wewenang, dan kewajiban mengawasi pelaksanaan tahapan pemilu di tingkat kecamatan.

Sesuai ketentuan, lanjut dia, masing-masing kecamatan akan direkrut tiga orang sebagai Panwascam. Mengenai rekrutmennya, ia mengaku masih menunggu petunjuk teknis dari Bawaslu RI.

Audiensi - Bawaslu Bangli saat melakukan audiensi ke Camat Kintamani. Selasa (23/8/2022)
Audiensi - Bawaslu Bangli saat melakukan audiensi ke Camat Kintamani. Selasa (23/8/2022) (istimewa)

Namun ia memastikan di bulan September sudah membentuk panwascam, dan di Bulan Oktober 2022 sudah dilakukan pelantikan.

"Mengingat pelaksanaan Pemilu dan Pilkada yang beriringan, kami masih menunggu petunjuk lebih lanjut. Karena kalau include (Pemilu dan Pilkada), maka tugas Panwascam jadi 27 bulan," ujarnya Selasa (23/8/2022).

Pria asal Desa Pengotan, Bangli ini mengatakan pihaknya sudah mulai melakukan persiapan dengan melakukan audensi dengan Camat se Kabupaten Bangli. Audensi tersebut dilakukan untuk membuka komunikasi awal dengan Camat, dan juga untuk meminta kesiapan sarana dan prasarana, maupun SDM yang akan ditugaskan untuk menjadi Panwascam.

"Kami ingin pastikan agar bisa dipersiapkan ruangan dan sarana prasarana lainnya. Selain itu kami juga mohon untuk dipersiapkan SDM untuk ditugaskan menjadi Kepala Sekretariat dan juga PUMK," ucap dia.

Purna yang merupakan Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Bangli ini mengatakan audensi dengan seluruh Camat di Kabupaten Bangli, dilakukan mulai tanggal 15, 22 dan 23 Agustus 2022.

"Pertama di tanggal 15 Agustus kami audensi dengan Camat Bangli. Selanjutnya di tanggal 22 audensi dengan Camat Tembuku dan Susut, dan yang terakhir hari ini 23 Agustus 2022 kami melakukan audensi dengan Camat Kintamani. Dari audiensi yang kami lakukan, hasilnya seluruh Camat di Kabupaten Bangli sudah siap memfasilitasi Bawaslu saat perekrutan nanti," pungkasnya. (mer)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved