Berita Karangasem

Dermaga Tanah Ampo Karangasem Jadi Tempat Bersandar Kapal LCT Pengangkut Pasir

Dermaga Tanah Ampo Karangasem beralih fungsi sementara menjadi dermaga untuk mengangkut material (pasir).

Tribun Bali/Saiful Rohim
Dermaga Tanah Ampo Karangasem beberapa waktu lalu - Dermaga Tanah Ampo Karangasem Jadi Tempat Bersandar Kapal LCT Pengangkut Pasir 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Dermaga Tanah Ampo, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, Karangasem, Bali, yang rencana awal sebagai dermaga pesiar beralih fungsi sementara menjadi dermaga untuk mengangkut material (pasir).

Alih fungsi terjadi beberapa bulan terakhir, tepatnya Juli 2022 lalu.

Kepala Kesyahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pelabuhan Padang Bai, Ni Luh Putu Eka Suyasmin mengungkapkan, Dermaga Tanah Ampo digunakan bersandar kapal LCT pengangkut material pasir tujuan Nusa Penida.

Mengingat adanya proyek pembangunan di sana.

"Benar. Dermaga Tanah Ampo sementara dijadikan tempat sandar kapal LCT pengangkut pasir. Tujuan ke Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Untuk waktu pengirimannya tidak tentu. Kadang satu hari dua kali, bisa juga tidak ada pengiriman dalam sehari,"kata Ni Luh Eka Suyasmin, Senin 22 Agustus 2022.

Baca juga: Kemenhub Akan Lakukan Studi Kelayakan di Dermaga Tanah Ampo untuk Pastikan Ada Tidaknya Sedimentasi

KSOP Padang Bai sebagai pengelola aset Dermaga Tanah Ampo memberikan izin ke kapal LCT bersandar karena beberapa faktor.

Satu diantaranya untuk mengoptimalisasi aset Dermaga Tanah Ampo.

Mengingat dermaga belum beroperasi dan belum memberikan pemasukan.

"Ketimbang mangkrak mending dioperasikan sementara untuk sesuatu yang bermanfaat. Toh juga kapal itu membayar retribusi. KSOP Padang Bai sudah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan,"ungkap Ni Luh Putu Eka Suyasmin.

Sebelumnya, Dermaga Tanah Ampo sempat difungsikan sementara sebagai dermaga bongkar muat penumpang serta kendaraan roda empat (debarkasi).

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved