Berita Klungkung

Serangan Penyakit Menjadi Tantangan Budidaya Ikan Air Tawar

Para pembudidaya ikan air tawar dikumpulkan di Ruang Rapat Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung.

Penulis: Eka Mita Suputra | Editor: Harun Ar Rasyid
Foto: Eka Mita Suputra
kondisi kolam budidaya ikan air tawar yang dikelola Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Klungkung, Jumat (26/8). Pemkab mengumpulkan 13 kelompok untuk membahas tantangan dalam budidaya ikan air tawar di Klungkung. 

SEMARAPURA,TRIBUNBALI- Para pembudidaya ikan air tawar dikumpulkan di Ruang Rapat Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung.

Pertemuan ini untuk membahas tantangan dalam budidaya ikan air tawar di Klungkung.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung, Dewa Ketut Sueta Negara mengungkapkan, saat ini tercatat terdapat 13 kelompok pembudidaya ikan air tawar dan tiga orang pembudidaya secara mandiri di Klungkung.

"Pembudidaya yang kami kumpulkan ini, sebelumnya telah mengikuti pelatihan membuat pakan yang diselenggarakan oleh Pemkab Klungkung," ujar Dewa Ketut Sueta Negara, Jumat 26 Agustus 2022.

kondisi kolam budidaya ikan air tawar yang dikelola Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Klungkung, Jumat (26/8). Pemkab mengumpulkan 13 kelompok untuk membahas tantangan dalam budidaya ikan air tawar di Klungkung.
kondisi kolam budidaya ikan air tawar yang dikelola Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Klungkung, Jumat (26/8). Pemkab mengumpulkan 13 kelompok untuk membahas tantangan dalam budidaya ikan air tawar di Klungkung. (Foto: Eka Mita Suputra)

Menurutnya pertemuan ini juga untuk mengetahui permasalahan dan potensi yang dimiliki Kabupaten Klungkung, dalam menyediakan konsumsi ikan bagi masyarakat maupun wisatawan.

Termasuk membuat usulan terkait bibit, pemetaan jenis budidaya ikan, dan pembahasan terkait permasalahan dalam perencanaan budi daya ikan air tawar.

Bupai Klungkung I Nyoman Suwirta yang hadir dalam kegiatan tersebut juga menginginkan, agar para pembudidaya ikan air tawar ini dapat memvariasikan jenis ikan dan udang. Sehingga kebutuhan ikan tawar dan udang di Klungkung dapat terpenuhi.

"Mari tingkatkan kerjasama untuk kembangkan lagi budidaya ikan air tawar di Klungkung, sehingga kita dapat penuhi kebutuhan ikan air tawar di Klungkung dengan kualitas yang terbaik" harap Suwirta.

Beberapa pembudidaya menyatakan, penyakit selama ini menjadi tantangan dalam budidaya ikan air tawar. Ini juga memempengaruhi hasil produksi. Terkait hal ini kedepan Pamkab Klungkung juga akan melibatkan tenaga profesional dalam mengembangkan budidaya ikan air tawar.

"Sehingga nanti penyakit pada ikan air tawar ini dapat dikendalikan, dan bagaimana produksi ikan air tawar ini bisa terus meningkat di Klungkung," jelasnya. (mit)

BERITA LAINNYA

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved