berita bali

Bersama KemenPPPA, Kirana ITDC Dukung Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan di Dunia Kerja

Bersama KemenPPPA, Kirana ITDC Dukung Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan di Dunia Kerja

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Harun Ar Rasyid
istimewa
Bersama KemenPPPA, Kirana ITDC Dukung Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan di Dunia Kerja 

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA – Sebagai upaya mendukung kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di dunia kerja, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) melalui Kumpulan Insan Perempuan (KIRANA) ITDC, berkolaborasi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) menyelenggarakan side event G20 Ministerial Conference on Women Empowerment (G20 MCWE).

Menteri PPPA Bintang Puspayoga pun hadir langsung pada 24-26 Agustus di kawasan pariwisata The Nusa Dua.

Rangkaian side event terdiri dari dialog Menteri PPPA dengan pelaku industri pariwisata perempuan Kawasan The Nusa Dua pada Kamis (25/8/2022) kemarin serta kegiatan yoga bersama pada hari ini, Jumat 26 Agustus 2022.

Dialog menengahkan diskusi mengenai peranan perempuan baik dalam dunia kerja, penanganan pandemi di sektor pariwisata, perempuan dan belenggu peran cultural, serta isu lainnya mengenai perempuan di dunia kerja.

Bersama KemenPPPA, Kirana ITDC Dukung Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan di Dunia Kerja
Bersama KemenPPPA, Kirana ITDC Dukung Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan di Dunia Kerja (istimewa)

Dialog ini dihadiri oleh para pelaku industri pariwisata perempuan di Kawasan The Nusa Dua, diantaranya karyawati hotel, paguyuban pedagang pantai The Nusa Dua, serta karyawati ITDC.

Sementara, kegiatan Sunrise Yoga “a Wellness Celebration” di Pulau Nusa Dharma The Nusa Dua dihadiri oleh para delegasi G20 MCWE, para pelaku industri pariwisata perempuan di Kawasan The Nusa Dua serta komunitas yoga The Nusa Dua dengan total peserta mencapai 100 orang.

Kedua kegiatan side event ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait peran penting perempuan dalam dunia kerja, tetapi juga memperkenalkan fasilitas yang ada di The Nusa Dua seperti Museum Pasifika dan Pulau Nusa Dharma sebagai Pulau Meditasi dan Yoga.

Dalam diskusinya dengan para pelaku industri pariwisata di Kawasan The Nusa Dua, Menteri PPPA Bintang Puspayoga menjelaskan bahwa konstitusi negara Indonesia, yaitu Undang-Undang Dasar Tahun 1945 telah memberikan mandat terkait kesetaraan gender atau posisi yang setara antara perempuan dan laki-laki, termasuk dalam partisipasi perekonomian.

“Namun, kalau kita melihat tingkat partisipasi angkatan kerja, maupun berbagai data dan indeks, hal ini masih menjadi pekerjaan rumah bagi kita bersama untuk menyelesaikan permasalahan perempuan dan anak,” ujar Menteri PPPA Bintang Puspayoga.

Tidak hanya kontribusi terhadap angkatan kerja, Menteri PPPA juga menekankan pentingnya memberikan kesempatan bagi perempuan untuk menjadi pemimpin.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved