serba serbi

Pentas Tari Nyapuh Tirah Campuhan, Ajakan Memuliakan Air dan Menjaga Sungai

Pentas tari 'Nyapuh Tirah Campuhan' menjadi rangkaian program pemuliaan air di sepanjang Sungai Oos Ubud, diinisiasi Yayasan Puri Kauhan Ubud.

ist
 Pentas tari 'Nyapuh Tirah Campuhan' menjadi rangkaian pelaksanan program pemuliaan air di sepanjang Sungai Oos Ubud, yang diinisiasi oleh Yayasan Puri Kauhan Ubud (27/8/2022). 

TRIBUN-BALI.COM - Pentas tari ' Nyapuh Tirah Campuhan' menjadi rangkaian pelaksanan program pemuliaan air di sepanjang Sungai Oos Ubud, yang diinisiasi oleh Yayasan Puri Kauhan Ubud (27/8/2022).

Pentas yang disutradarai oleh Ida Ayu Wayan Arya Satyani ini, mengambil inspirasi dari cerita rakyat yang hidup di masyarakat Ubud-Bali.

Bercerita tentang Tirah, seorang gadis cilik yang hilang di sungai, pentas tari ini memberi pesan kepada masyarakat, khususnya masyarakat Bali agar tidak merusak dan mengotori sungai.

Tidak membuang kotoran, sampah, dan limbah ke sungai, karena diyakini akan mendatangkan bencana.

Baca juga: YAYASAN Puri Kauhan Ubud Tanam Pohon Bodi Pada Tumpek Wariga 

Baca juga: Revitalisasi Desa Wisata, Yayasan Puri Kauhan Ubud Gelar Seminar dan Pelatihan

 Pentas tari 'Nyapuh Tirah Campuhan' menjadi rangkaian pelaksanan program pemuliaan air di sepanjang Sungai Oos Ubud, yang diinisiasi oleh Yayasan Puri Kauhan Ubud (27/8/2022).
 Pentas tari 'Nyapuh Tirah Campuhan' menjadi rangkaian pelaksanan program pemuliaan air di sepanjang Sungai Oos Ubud, yang diinisiasi oleh Yayasan Puri Kauhan Ubud (27/8/2022). (ist)

" Nyapuh Tirah Campuhan, adalah kisah tentang pemuliaan air, kisah para penjaga sungai," tutur Ketua Yayasan Puri Kauhan Ubud, Ari Dwipayana, dalam rilisnya.

Pentas tari ini melibatkan sekitar 120 orang, dari penari, koor anak, dan pengrawit.

Acara yang disponsori oleh PT Pupuk Kaltim dan didukung Bank BNI dan Bank BRI, ini melibatkan Garin Nugroho sebagai dramaturgi, Cok Sawitri sebagai penulis narasi, dan diproduseri oleh Gita Fara.

Ari Dwipayana, dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui pentas seni ini, Yayasan Puri Kauhan Ubud ingin menampilkan karya-karya seni terbaik yang inspirasinya diambil dari nilai-nilai luhur masyarakat dan budaya Bali.

“Karya terbaik pasti melibatkan orang-orang yang terbaik.

Karena itu pentas ini melibatkan talenta-talenta seni berbakat yang terbaik.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved