Sponsored Content

Bali Short Course Program 2022, Intercultural Exchange Program Antara Unmas dan Universitas Fukuyama

Fukuyama University Japan dan Fakultas Bahasa Asing (FBA) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Editor: Harun Ar Rasyid
TB/Istimewa
Fukuyama University Japan dan Fakultas Bahasa Asing (FBA) Universitas Mahasaraswati Denpasar 

Bali Short Course Program 2022 - Intercultural Exchange Program
Fukuyama University Japan dan Fakultas Bahasa Asing (FBA) Universitas Mahasaraswati Denpasar

TRIBUN-BALI.COM - Pada hari ini, Selasa 30 Agustus 2022 telah diselenggarakan acara pembukaan Bali Short Course Program 2022, Intercultural Exchange Program, antara Fukuyama University Jepang dan Fakultas Bahasa Asing (FBA) Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Acara Bali Short Course Program 2022, Intercultural Exchange Program pada hari ini dihadiri oleh Bapak Rektor Unmas Denpasar (Dr. Drs. I Made Sukamerta, M.Pd) beserta jajaran Wakil Rektor Unmas Denpasar, Dekan beserta jajawan Wakil Dekan FBA Unmas Denpasar serta dosen Program studi Sastra Inggris dan Sastra Jepang FBA Unmas Denpasar.

Fukuyama University Japan dan Fakultas Bahasa Asing (FBA) Universitas Mahasaraswati Denpasar
Fukuyama University Japan dan Fakultas Bahasa Asing (FBA) Universitas Mahasaraswati Denpasar (TB/Istimewa)

Acara Bali Short Course Program 2022, Intercultural Exchange Program, antara Fukuyama University Jepang dan Fakultas Bahasa Asing (FBA) Universitas Mahasaraswati Denpasar dibuka oleh Bapak Rektor Unmas Denpasar (Dr. Drs. I Made Sukamerta, M.Pd.) Dalam sambutannya beliau menyampaikan apresasi serta menyambut baik program Intercultural Exchange Program yang dilaksanakan secara reguler setiap tahun antara Fukuyama University dan FBA Unmas Denpasar.

Program ini telah dilaksanakan setiap tahun sejak tahun 2013 dan berlangsung hingga tahun ini.

Selama masa pandemi covid-19 program ini dilaksanakan secara daring, dan tahun ini program summer short course kembali dilaksanakan secara luring di Bali.

Program Bali SSC ini merupakan kegiatan yang bermuatan kredit dalam mata kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Fukuyama.

Dimana, program ini dilaksanakan di Bali selama 6 hari yang dimulai dari tanggal 30 Agustus 2022 sampai dengan tanggal 7 September 2022. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama 6 hari ini dikemas dnegan berbagai kegiatan yakni :

1. Kooryukai (acara ramah tamah dan pertukaran budaya antara mahasiswa dan dosen antara kedua perguruan tinggi)
2. English class dengan 6 kali pertemuan.
3. Belajar Gamelan dan Seni Tari Bali
4. Wisata Rohani ke Pura Tirta Empul
5. Fieldwork ke Ubud
6. Volunteer (menanam pohon mangrove)
7. Perkenalan Budaya Jepang ke SMA-SMA di Bali
8. Home Visit (berkunjung kerumah keluarga lokal Bali)

Peserta dari Fukuyama University yang mengikuti program ini sebanyak 17 orang mahasiswa dan 1 orang dosen pendamping. Dosen pendamping yang mendampingi mahasiswa dari Fukuyama University adalah Adhaci Sensei.

Tujuan utama dari program ini adalah memberikan motivasi dan stimulasi kepada kedua belah pihak untuk saling mengenal budaya dan cara berfikir orang dari negara dan bahasa yang berbeda.

Kegiatan kolaborasi ini juga memberikan manfaat kepada kedua belah pihak untuk meningkatkan motivasi mempelajari bahasa Jepang lebih baik lagi.

Selama berada di Bali, mahasiswa Fukuyama didampingi oleh Buddy (Guide Mahasiswa) dari prodi sastra Jepang Unmas Denpasar.

Dengan demikian, para mahasiswa diharapkan dapat menjalin hubungan persahabatan internasional, menambah koneksi internasional dan mempraktikkan bahasa Jepang yang telah dipelajari selama perkuliahan.

Semoga dengan terlaksananya kolaborasi antara Fukuyama University dan FBA Unmas Denpasar dapat senantiasa menjalin hubungan persahabatan yang baik antar mahasiswa dan kedua lembaga.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved