Berita Buleleng

Alami Penurunan Drastis, Dua Sumber Mata Air Dihentikan, Sempat Layani Enam Desa di Seririt

Penyaluran air dari sumber mata air yang ada di Desa Bestala dan Kekeran pada tahun ini dihentikan. Sebab debit air yang dihasilkan dari dua sumber

Tribun Bali
FOTO Ratu Ayu Astri Desiani/ Dirut Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng Made Lestariana ditemui Rabu (7/9)   

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Penyaluran air dari sumber mata air yang ada di Desa Bestala dan Kekeran pada tahun ini dihentikan.

Sebab debit air yang dihasilkan dari dua sumber mata air itu semakin mengecil, yakni hanya 1.5 liter per detik. 


Dirut Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng Made Lestariana ditemui Rabu (7/9) mengatakan, debit air yang dihasilkan dari sumber mata air Desa Bestala dan Kekeran beberapa tahun yang lalu sejatinya cukup tinggi, mencapai 14 liter per detik.

Dua mata air itu mampu memenuhi kebutuhan pelanggan yang ada di enam desa yang ada di Kecamatan Seririt. 


Namun belakangan debitnya setiap tahun mengalami penurunan menjadi 9.6 liter per detik, bahkan kini berada diangka 1.5 liter per detik.

Pengurangan debit air ini dikatakan Lestariana terjadi karena alih fungsi lahanya yang ada di wilayah penyangga dari mata air tersebut. 

Baca juga: Patung Bung Karno Dipindah Malam Hari, Truk Terbuka Angkut Bobot Sekitar 4,5 Ton


Dengan berkurangnya debit air  tersebut, Perumda Tirta Hita memutuskan untuk menutup penggunaan dua sumber mata air tersebut.

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, pihaknya kini menggunakan air permukaan dari SPAM Burana yang mampu menghasilkan air sebanyak 300 liter per detik.

Namun saat ini air yang dihasilkan dari SPAM Burana itu baru sebanyak 30 liter per detik, bahkan sudah mampu memenuhi kebutuhan pelanggan hingga di wilayah Kecamatan Busungbiu dan Gerokgak. 


Lestariana menyebut, Buleleng saat ini memiliki 17 titik mata air, dengan total debit yang dihasilkan mencapai 385 liter per detik.

Baca juga: BREAKING NEWS: Pesawat Latih TNI AL Dikabarkan Jatuh di Alur Pelayaran Barat Surabaya

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved