Berita Bali

Tiga Pola Penyaluran BLT BBM di Bali, 123.611 Keluarga Penerima Bantuan

Penyaluran BLT BBM dilaksanakan oleh Kantor Pos Area Bali, dalam proses pembayaran BLT ini akan melibatkan aparat desa dan keamanan di sana.

KOMPAS.com
Ilustrasi Uang - Tiga Pola Penyaluran BLT BBM di Bali, 123.611 Keluarga Penerima Bantuan 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) BBM untuk warga kurang mampu mulai dilaksanakan oleh Kantor Pos Area Bali, Sabtu 3 September 2022.

Hingga Rabu 7 September 2022 kemarin, data yang masuk, penerima BLT BBM ada 123.611 keluarga penerima manfaat (KPM) di Bali.

Eksekutif General Manager Kantor Pos Area Bali, Nandi Hidayat mengatakan, pihaknya ditugaskan menyalurkan dua bantuan yakni BLT BBM pada September dan Oktober 2022.

Besarnya Rp 150 ribu per bulan. Artinya Rp 300 ribu akan dibayarkan pada September dan Oktober.

Baca juga: BLT BBM Rp600 Di Bali Tahap Awal Disalurkan PT Pos Indonesia Bekerjasama dengan Aparatur Desa

“Lalu kedua, menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) untuk September 2022 sebesar Rp 200 ribu. Jadi artinya ada 2 yang kami salurkan, BLT BBM untuk September dan Oktober Rp 300 ribu dan BPNT September 2022 sebesar Rp 200 ribu,” katanya, Rabu 7 September 2022.

Menurutnya, Sabtu 3 September 2022, sudah 50 bantuan disalurkan untuk Kelurahan Dauh Puri dan Panjer. Bantuan BLT ini diantar langsung ke rumah KPM. Kemudian mulai Rabu pihaknya melakukan penyaluran secara bertahap.

Perkiraannya untuk Kota Denpasar dan Kabupaten Badung paling lambat Minggu 11 September 2022 sudah menyelesaikan penyaluran utama.

Artinya, berikutnya hanya menyalurkan sisa-sisa yang akan dibayarkan.

“Pola penyalurannya ada tiga. Pertama, kami bayarkan di kantor pos. Kedua, diantar langsung ke rumah warga yang diprioritaskan bagi warga yang dalam kondisi tidak memungkinkan untuk datang dan tidak ada keluarga dalam satu keluarga yang sama yang bisa mewakili. Ketiga, membayarkan di komunitas langsung membayarkan di tempat warga, seperti di kantor desa,” paparnya.

Total di Bali yang memperoleh BLT BBM ini 123.611 KPM data yang masuk sampai Rabu pagi.

Data tersebut bertahap dan jumlahnya akan terus bertambah sampai datanya terpenuhi.

Mekanisme pencairannya, ada surat pemberitahuan ke warga yang menerima.

Setelah itu, warga datang ke tempat yang telah ditentukan, seperti ke Kantor Desa dengan membawa Surat Pemberitahuan, KK dan KTP.

Dalam proses pembayaran BLT ini akan melibatkan aparat desa dan keamanan di sana.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved