Berita Klungkung

31 Tower Belum Mampu Ratakan Sinyal Internet di Nusa Penida, Diskominfo Usulkan Tambahan 11 Tower

Walaupun sudah dibangun beberapa infrastuktur telekomunikasi di Nusa Penida, namun tidak semua wilayah mampu terjangkau sinyal internet.

Istimewa
Proses pemasangan tambahan menara telekomunikasi di Nusa Penida belum lama ini. 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Nusa Penida dalam beberapa tahun terakhir, dikenal sebagai pusat pariwisata di Klungkung. Namun sampai saat ini, pulau berjuluk "Telur Emas Pulau Bali" ini masih terkendala jaringan internet.


Walaupun sudah dibangun beberapa infrastuktur telekomunikasi di Nusa Penida, namun tidak semua wilayah mampu terjangkau sinyal internet.

Diskominfo Klungkung pun mengusulkan pembangunan 11 tower baru, agar seluruh wilayah di Nusa Penida bisa terjangkau internet.

Baca juga: TINDAK TEGAS! Satpol PP Klungkung Berangus 30 Reklame Tidak Berizin

"Saat ini sudah ada 31 tower yang melayani penyediaan jaringan internet. Tapi memang tidak semua wilayah bisa mendapat jangkauan sinyal internet," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan informasi Kabupaten Klungkung Wayan Parna, Kamis 8 September 2022.


Menurut Parna, radius jangkau tower penyedia jaringan internet rata-rata maksimal 3-5 kilometer.

Sementara jarak antar satu desa dengan desa lainnya yang cukup jauh dibatasi oleh bukit, juga membuat tidak meratanya jaringan internet di Nusa Penida.

"Sebenarnya sinyal internet ada di semua desa, tapi tidak merata atau hanya ada di pusat desa. Kondisi topografi Nusa Penida yang berbukit, juga jadi kendala jaringan internet di Nusa Penida," ungkap Parna.


Terkait kondisi itu, pihak konsultan sudah melakukan kajian dan diperlukan pembangunan 11 tower baru untuk menunjang jaringan internet di Nusa Penida.

Hasil kajian itu bahkan telah dituangkan dalam Peraturan Bupati Nomor 23 Tahun 2022 tentang Perubahan Zonasi.

Baca juga: BBM Naik, BLT Hanya Diberikan Sekali, Sopir Pariwisata Klungkung: Ini Jadi Musibah


"Secara kajian konsultan, dengan pembangunan 11 tower di 11 titik zonasi ini, seluruh wilayah Nusa Penida akan mendapat sinyal internet. Kami selalu berusaha berkoordinasi dengan pihak provider, untuk mengusulkan pembangunan 11 tower itu," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved