Berita Denpasar

Selain Karena Harga Pakan Ternak Naik, Ini Penyebab Lain Harga Daging dan Telur Ayam Ikut Naik

Kini harga telur mencapai Rp32 Ribu per kilogramnya. Tak hanya telur, harga daging ayam juga mengalami kenaikan yakni menjadi Rp36 ribu per kilogram

Tribun Bali/Saiful Rohim
Peternak ayam telur sedang memantau kondisi ternaknya di Pesedahan, Manggis, Karangasem, Kamis 25 Agustus 2022. Selain Karena Harga Pakan Ternak Naik, Ini Penyebab Lain Harga Daging dan Telur Ayam Ikut Naik 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Selain Karena Harga Pakan Ternak Naik, Ini Penyebab Lain Harga Daging dan Telur Ayam Ikut Naik.

Kenaikan harga telur sudah terjadi hampir sebulan lamanya khususnya di Bali.

Kini harga telur mencapai Rp32 Ribu per kilogramnya. Tak hanya telur, harga daging ayam juga mengalami kenaikan yakni menjadi Rp36 ribu per kilogramnya.

Ketika dikonfirmasi Tribun-Bali.com, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, I Wayan Sunada membeberkan mengapa harga telur dan daging ayam khususnya di Bali alami kenaikan. 

"Jadi Tahun 2020 kita pandemi itu ada pembatasan pergerakan dan tamu-tamu yang masuk ke Bali juga tidak boleh. Pada saat itu, peternak kita kolaps atau merugi," jelasnya pada, Jumat 9 September 2022. 

Lebih lanjutnya ia mengatakan pada saat itu, banyak pengusaha telur yang gulung tikar dan ketika Tahun 2022 ini kondisi perlahan normal dan sudah banyak tamu yang masuk, jadi dari ternak ayam di Bali yang semula sebanyak 6 juta ekor menjadi 4 juta ekor.

Sisanya 2 juta ekor menghilang karena banyak peternak ayam yang menutup usahanya akibat pandemi. 

Baca juga: HARGA Bawang dan Cabai di Klungkung Mulai Naik, Biaya Transportasi Naik Pasca Kenaikan BBM

"Dan ternak-ternak yang besar itu ada mengirim keluar Bali telurnya. Ketersediaan telur untuk Bali sejauh ini mencukupi. Dimana-mana harga telur naik dan harga pakan sekarang juga naik itu yang sebabkan harga telur naik. Satu harga pakan naik, 2020 ada pembatasan pergerakan dan banyak peternak merugi. Kini peternak-peternak yang kolaps sudah mulai bangkit," tandasnya. 

Sementara mengenai kenaikan harga cabai, Sunada mengatakan akan melakukan pengecekan terlebih dahulu pada petani-petani yang ada di daerah.

Harga Cabai Ikut Naik

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved