Berita Bali

Pentingnya Kecerdasan Emosional Ditanam Sejak Dini, Agar Tidak Gampang Insecure

Lebih daripada nilai akademis, seorang anak butuh sentuhan emosional karena akan menentukan karakter si anak kedepannya.

TB / Valentya
Berto, Konsultan Pendidikan 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kesuksesan seorang anak tidak hanya diukur dari berapa nilai yang ia raih.

Lebih daripada nilai akademis, seorang anak butuh sentuhan emosional karena akan menentukan karakter si anak kedepannya.

Berto, salah seorang konsultan pendidikan yang Tribun Bali temui pada Sabtu (10/9), mengatakan pada dasarnya kecerdasan seorang anak ditentukan dari 5 bagian.

"Kecerdasan emosional, sosial, kreatifitas, akademis, dan spiritual. Jelas dari yang pertama, kecerdasan emosional itu yang utama karena sejatinya manusia melakukan tindakan itu hanya sekali mikir. Apa dia pakai otak kiri dalam bertindak, otak kanan, atau balance otak tengahnya jug bekerja sebagai penyeimbang," ujar Kak Berto.

Berto, Konsultan Pendidikan
Berto, Konsultan Pendidikan (TB / Valentya)

Penggunaan otak kanan dalam melakukan aktifitas pada anak membuat seorang anak memiliki keberanian, kreatifitas yang tinggi, membangun jaringan komunikasi yang bagus dengan temannya, dan memperluas networking.

Inilah yang dilakukan lembaga bimbingan belajar (bimbel) CEC Denpasar yang berlokasi di Jalan WR. Supratman No.329 Tohpati, Denpasar Bali.

Setiap siswa mulai dari pra sekolah dari umur 4 tahun hingga siswa SMA, dilatih bagaimana cara berfikir dengan menggunakan otak kanan dan otak tengah sebagai penyeimbang. Namun, juga tak melalaikan fungsi dari otak kiri.

Seorang anak ketika memiliki kecerdasan emosional yang stabil, cenderung akan menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol dirinya dan orang lain disekitarnya.

Sebagai contoh Kak Berto memberikan salah satu pentingnya seorang anak diberikan ruang dan peluang.

Agar sang anak belajar tanggung jawab, bersosialisasi dengan teman lainnya. Dan yang paling penting jika berbuat kesalahan, jangan langsung dihakimi "kamu salah", tetapi berikan penjelasan kenapa hal tersebut tidak boleh dilakukan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved