Sponsored Content

Dewan Pertanyakan Kenaikan Tarif FastBoat Mencapai 50 Persen

Rencana kenaikan tarif fast boat dari Kusamba menuju Kecamatan Nusa Penida dan sebaliknya, mendapat sorotan anggota Komisi III DPRD Klungkung, Sang Ny

Penulis: Eka Mita Suputra | Editor: Harun Ar Rasyid
dok. Eka Mita Suputra
Fast boat penyebrangan dari Kusamba menuju ke Nusa Penida. 

SEMARAPURA,TRIBUNBALI- Rencana kenaikan tarif fast boat dari Kusamba menuju Kecamatan Nusa Penida dan sebaliknya, mendapat sorotan anggota Komisi III DPRD Klungkung, Sang Nyoman Putrayasa.

Ia mempertanyakan, kenaikan tarif fast boat yang disepakati mencapai 50 persen, yakni dari awalnya Rp50 ribu menjadi Rp75 ribu.

Padahal secara persentase, kenaikan harga BBM jenis Pertalite sebesar 30,72 persen, unttuk Pertamax 16 persen, dan solar 32,04 persen.

Fast boat penyebrangan dari Kusamba menuju ke Nusa Penida.
Fast boat penyebrangan dari Kusamba menuju ke Nusa Penida. (dok. Eka Mita Suputra)

" Selain itu, apakah kenaikan 100 persen tarif fast boat untuk turis sudah didasari kajian matang?," tanya anggota dewan asal Desa Nyalian, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung.

Menurutnya kenaikan harga ini perlu kajian matang, komprehensif, dan jangan hanya dari sisi operasional pengusaha angkutan.

Jika hanya sepihak seperti ini, menurutnya masyarakat yang akan sangat dirugikan.

Seharusnya agar jadi adil, penetapan tarif angkutan ini mesti melibatkan pemerintah, pengusaha dan perwakilan masyarakat atau lembaga konsumen.

Dishub juga wajib membuat kajian kenaikan tarif fast boat ini dengan analisis data secara akurat tentang perbandingan prosentase kenaikan harga BBM dengan tingkat kelayakan kenaikan tarif angkutan.

Selain itu, landasan yuridis berupa dasar hukum untuk kenaikan taif angkutan juga harus jelas.

‘’Juga landasan formal, karena Kementerian yang membidangi angkutan ini pasti punya rumus dasar dan kriteria dalam penetapan kenaikan tarif angkutan seperti ini. Tak mungkin ujug-ujug seperti ini,’’ jelas Ketua Fraksi PDIP ini. (mit)

 

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved