Berita Denpasar

6.000 Lowongan Kerja Disiapkan saat Job Fair di Denpasar, Diutamakan yang Terkena PHK Covid-19

Job Fair Denpasar 2022 yang akan diselenggarakan pada 20-21 September mendatang. Kegiatan ini digelar di Gedung Dharma Negara Alaya (DNA) Lumi

Penulis: Putu Supartika | Editor: Marianus Seran
istimewa
Audiensi Kadisnaker Kota Denpasar dengan Wali Kota Denpasar Jaya Negara .   

 


TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Job Fair Denpasar 2022 yang akan diselenggarakan pada 20-21 September mendatang.


Kegiatan ini digelar di Gedung Dharma Negara Alaya (DNA) Lumintang, Kota Denpasar.


Dalam job fair ini akan disediakan 6.000 lowongan pekerjaan yang diikuti oleh 30 perusahaan dalam dan luar negeri dari sektor pariwisata, kesehatan, perdagangan, dan lainnya.


Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi (Disnaker) Kota Denpasar, I Nyoman Ngurah Jimmy Sidharta pada Selasa 13 September 2022 mengatakan pendaftaran akan digelar secara offline saat acara Job Fair dibuka di gedung DNA Lumintang.


Dan untuk para peserta dimohon telah menyiapkan berkas yang diperlukan dan salah satunya kartu kuning pencari kerja atau AK/1.


"Selain 30 perusahaan yang terdaftar di Job Fair pada bulan September, perusahaan yang belum mendapatkan kuota akan di ikutkan pada event serupa di bulan Oktober 2022," katanya. 

 

Baca juga: Api Membakar Rumah dan Isinya, Ketut Nami Dilarikan ke RS di Buleleng, Suami di Sawah saat Kejadian


Ia juga berharap kegiatan Job Fair betul-betul dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Denpasar untuk mendapatkan peluang kerja.


Sementara itu, untuk mengefektifkan lowongan kerja yang disediakan bisa terserap maksimal Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara meminta Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi (Disnaker) Kota Denpasar memberi atensi khusus kepada para pekerja-pekerja yang di PHK karena dampak pandemi Covid.


Ia meminta untuk dilakukan pendataan dan diprioritaskan di acara Job Fair yang nanti akan digelar agar mendapatkan pekerjaan kembali sesuai dengan skill nya. 


Terkait kerjasama pariwisata yang telah di sepakati antara Pemkot Denpasar dan Pemkot Darwin pada 13 Juni 2022 lalu, pada Job Fair kali ini membuka lowongan kerja perusahaan khususnya sektor pariwisata di Kota Darwin guna memenuhi kekurangan tenaga kerja di kota tersebut.


"Keberadaan Hotel di Kota Darwin yang kekurangan tenaga kerja akan menjadi peluang untuk banyaknya tenaga kerja pariwisata yang kita miliki di Kota Denpasar," kata Jaya Negara. 

Baca juga: Dampak Kenaikan BBM, Harga Ikan Tongkol Naik 30 Persen di Gianyar


Jaya Negara mengaku optimis dan berharap dengan adanya Job Fair ini dapat mengentaskan atau setidaknya menjadi solusi dalam penyediaan lapangan kerja.


"Sehingga dapat mengurangi masalah pengangguran di Denpasar dan menjadi salah satu upaya untuk menekan tingkat inflasi di Kota Denpasar," katanya.
(*)

 

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved