Berita Bali

Lebih Efisien dan Keamanan Dapur Meningkat, Hotel Pengguna LNG di Bali Bertambah

Langkah pemanfataan Liquefied Natural Gas (LNG) sebagai energi baik bagi industri perhotelan di Bali meluas.

Editor: Harun Ar Rasyid
(Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin)
Caption: Manajemen Pertagas Niaga dan SOL by Melia saat meninjau tabung LNG yang telah dipasang di SOL by Melia Benoa. 

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA – Langkah pemanfataan Liquefied Natural Gas ( LNG) sebagai energi baik bagi industri perhotelan di Bali meluas.

Mulai hari Kamis 15 September 2022 kali ini Pertagas Niaga sebagai bagian dari Subholding Gas Pertamina mengalirkan LNG untuk Hotel SOL by Melia di Benoa, Bali yang kali ini dikemas dalam bentuk micro bulk.

Ini menjadi hotel kedua di Bali yang sekarang menggunakan LNG setelah sebelumnya didahului oleh Conrad Hotel, Benoa pada Juli 2022 lalu.

LNG di SOL by Melia ini nantinya akan dimanfaatkan sebagai bahan bakar kebutuhan dapur dan boiler pemanas air serta laundry hingga 6.000 m3/bulan.

Pertagas Niaga bekerja sama dengan Laras Ngarso Gede dalam pengangkutan dan pengoperasian penyaluran LNG untuk industri perhotelan di Bali ini.

LNG menjadi salah satu opsi terbaik bagi industri yang mengedepankan penggunaan energi bersih serta faktor kepraktisan dikarenakan isi LNG adalah 1/600 gas alam pada suhu dan tekanan standar.

“Subholding Gas menguasai rantai suplai LNG dari hulu hingga hilir sehingga jaminanan ketahanan suplai LNG terjamin,” ujar Direktur Utama PT Pertamina Gas selaku induk perusahaan PT Pertagas Niaga, Gamal Imam Santoso.

Menurut Gamal Imam, prospek penggunaan LNG di Bali sangat besar tentunya dalam hal ini dengan pasca pandemi Covid-19 kita melihat bahwa perekonomian mulai tumbuh kembali, dan selain daripada listrik tentunya kebutuhan gas untuk consumption horeca tadi menjadi sangat besar.

"Bali sendiri saat ini hanya dipakai untuk komersial terutama di HORECA atau hotel restoran dan cafe (Conrad dan SOL Melia Benoa). Mungkin masih belum mencapai satu persen keseluruhan dibanding penggunaan LPG," ungkap Imam Santoso.

Bahkan untuk SOL by Melia Benoa ini kita menyampaikan atau menginformasikan kepada travel agent dan hotel lainnya bahwa LNG inilah alternatif dan lebih ramah lingkungan feedback mereka sangat bagus.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved