Berita Bali

Tergiur Upah Rp3 Juta, Eko Terancam 20 Tahun, Diduga Terlibat Jaringan Peredaran Sabu Jawa-Bali

Eko Wahyudi (29) pedagang ini didakwa karena diduga terlibat jaringan peredaran sabu Jawa-Bali. Kini terancam hukuman 20 tahun penjara.

Tribun Bali/Dwi S
Ilustrasi Sabu - Tergiur Upah Rp3 Juta, Eko Terancam 20 Tahun, Diduga Terlibat Jaringan Peredaran Sabu Jawa-Bali 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Eko Wahyudi (29) telah menjalani sidang dakwaan secara daring di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar.

Pria yang bekerja sebagai pedagang ini didakwa karena diduga terlibat jaringan peredaran sabu Jawa-Bali.

Diketahui, Eko nekat mengambil sabu lalu membawanya ke Bali untuk ditempel di sejumlah titik di seputaran Denpasar dan Badung. 

Baca juga: Selundupkan Seberat 1 Kg Sabu ke Bali, Jeremi Dituntut Sembilan Tahun


Sebagaimana dakwaan yang dipasang oleh JPU Sofyan Heru, terdakwa Eko terancam pidana penjara selama 20 tahun. Dakwaan pertama, perbuatan terdakwa diatur dan diancam pidana pasal 114 ayat (2) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotik.

Atau kedua, perbuatan terdakwa dinilai melanggar pasal 112 ayat (2) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotik. 


"Dakwaan sudah dibacakan jaksa penuntut, dan kami selaku penasihat hukum tidak mengajukan eksepsi (keberatan)," terang Gusti Agung Prami Paramita saat dikonfirmasi, Jumat, 16 September 2022.


Dengan tidak diajukannya eksepsi oleh terdakwa dan tim penasihat hukumnya, sidang masuk ke agenda pembuktian. Yakni  pemeriksaan keterangan para saksi yang dihadirkan JPU. 

Baca juga: Selundupkan Seberat 1 Kg Sabu ke Bali, Jeremi Dituntut Sembilan Tahun


Sementara itu, diungkap dalam surat dakwaan JPU, terdakwa Eko dibekuk petugas kepolisian dari Res Narkoba Polresta Denpasar di belakang sebuah guest house, Jalan Segara Madu, Kedonganan, Kuta Selatan, Badung, Sabtu, 2 Juli 2022 pukul 13.00 Wita. Terdakwa ditangkap bermula dari adanya informasi yang didapat petugas kepolisian,  bahwa terdakwa kerap mengedarkan narkoba di wilayah tersebut. 


Atas dasar informasi itu, petugas kepolisian melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan terdakwa.

Namun saat digeledah, pihak kepolisian tidak menemukan adanya narkoba pada diri terdakwa. Pula di kamar kos terdakwa, nihil narkoba. 

Baca juga: Ditangkap Saat Nempel Paket Sabu, Okfan Dituntut 7,5 Tahun Penjara

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved