Berita Bali

Gubernur Bali Minta Semua Pemda Ikut Kendalikan, Inflasi di Bali Urutan ke-6 Tertinggi se-Indonesia

angka inflasi Bali cukup tinggi yakni 6,4 persen, petani diuntungkan karena harga menjadi tinggi

Istimewa
Gubernur Bali, I Wayan Koster - Gubernur Bali Minta Semua Pemda Ikut Kendalikan, Inflasi di Bali Urutan ke-6 Tertinggi se-Indonesia 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Bali merupakan salah satu provinsi yang masuk dalam daftar 10 provinsi di Indonesia dengan angka inflasi yang cukup tinggi yakni 6,4 persen.

Tepatnya di urutan keenam dari provinsi se-Indonesia.

Mengenai hal tersebut Bali'>Gubernur  Bali, Wayan Koster mengatakan, di satu sisi inflasi terdapat sisi positif untuk petani, namun jika terlalu tinggi juga tidak baik karena itu harus dibuat ekuilibriumnya.

“Keseimbangan antara persediaan dengan daya beli masyarakat supaya tetap terjangkau. Jadi itu sekarang sedang diatur. Sudah ada rapat koordinasi yang dipimpin Bapak Presiden. Jadi untuk di Provinsi Bali, saya serahkan kepada Pak Sekda untuk mengendalikan. Kabupaten/Kota se-Bali sudah dilakukan rapat untuk mengendalikan inflasi,” kata Gubernur Koster, Jumat 16 September 2022.

Baca juga: BBM Naik, Respon Ketua HIPMI BALI : Pariwisata Belum Pulih Jangan Sampai Inflasi dan Resesi

Koster mengatakan, untuk pertama kalinya angka inflasi Bali di atas nasional.

Namun di sisi lain, petani diuntungkan karena harga menjadi tinggi.

Hanya saja harga tidak boleh terlalu tinggi.

Sekarang akan dikendalikan dalam waktu dekat dan akan dilakukan program operasi pasar.

Presiden Jokowi dalam rapat "Pengendalian Inflasi dengan Seluruh Kepala Daerah" Senin 12 September 2022, memaparkan provinsi-provinsi dengan inflasi tertinggi yaitu Jambi (7,7 persen), Sumatera Barat (7,1 persen), Kalimantan Tengah (6,9 persen), Maluku (6,7 persen), Papua (6,5 persen), Bali (6,4 persen), Sulawesi Tengah (6,2 persen), Nusa Tenggara Barat (5.9 persen), Riau (5,9 persen), Kalimantan Selatan (5,8 persen).

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali, Dewa Made Indra mengatakan, Bali'>Gubernur  Bali sudah mengundang semua Bupati/Wali Kota untuk berperan berkontribusi mengendalikan inflasi di Bali.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved