Berita Bangli

Pembangunan Pasar Tematik Wisata Butuh Anggaran Sebesar Rp 75 Miliar

Pasar Singamandawa, Kintamani akan menjadi lokasi pembangunan pasar tematik wisata. Untuk merealisasikan rencana ini, Pemkab Bangli mengusulkan anggar

ist
Bupati dan Wakil Bupati Bangli saat menerima kunjungan Kementerian Perdagangan. Kamis (15/9/2022). 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Pasar Singamandawa, Kintamani akan menjadi lokasi pembangunan pasar tematik wisata. Untuk merealisasikan rencana ini, Pemkab Bangli mengusulkan anggaran sebesar Rp 75 miliar.

Kabid Perdagangan, Disperindag Bangli, Anak Agung Ayu Ira Diah Sunaryani mengungkapkan, pembangunan pasar tematik wisata adalah untuk meningkatkan akses masyarakat akan ketersedian sarana perdagangan sebagi wadah kegiatan perekonomian. Baik berupa hasil bumi, produk UMKM lokal, dan pariwisata.

Sedangkan dipilihnya pasar Singamandawa sebagai pasar tematik wisata, karena kawasan Kintamani merupakan pioner pariwisata Bangli. Didukung dengan panorama alam yakni Gunung dan Danau Batur, kawasan ini menjadi daya tarik wisatawan untuk datang berkunjung.

"Lokasi pasar tematik ada di bawah yang sebelumnya adalah kios dan los pedagang," ujarnya Minggu (18/9/2022).

Untuk anggaran pembangunan, Gung Ira mengatakan Pemkab Bangli melalui pihaknya di Disperindag telah mengajukan dokumen proposal ke Kementerian Perdagangan. Besaran anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp 75 miliar, yang bilamana disetujui akan disalurkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun depan.

"Saat ini masih dalam proses kajian. Namun tim pusat sudah turun mengecek lokasi. Nanti akan ada pertemuan lagi dengan tim Kementerian secara daring, untuk membahas apa saja persyaratan yang harus dipenuhi," tandasnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved