Berita Klungkung

Upaya Tingkatkan Minat Baca Siswa, Sediakan Karaoke di Mobil Perpustakaan Keliling

Upaya Tingkatkan Minat Baca Siswa, Sediakan Karaoke di Mobil Perpustakaan Keliling

Penulis: Eka Mita Suputra | Editor: Harun Ar Rasyid
TB/Istimewa
Anak-anak berkaraoke ria dan mewarnai di perpustakaan keliling, yang terparkir di Alun-alun Kota Semarapura, Minggu (18/9/2022). ist 

TRIBUN-BALI.COM - Ada yang unik saat Car Free Day yang digelar di alun-alun Ida I Dewa Agung Jambe di Kota Semarapura, Minggu 18 September 2022

Mobil perpustakaan keliling milik Pemkab Klungkung tiba-tiba memiliki fasilitas karaoke, hingga dikrumuni para siswa.

Alunan tembanh dinyakian para siswa saat melaksanakan legiatan Car Free Day.

Tidak ada rasa canggung dari mereka, walau saat itu alun-alun Kota Semarapura sangat ramai dikunjungi warga.

Untiknya saat itu siswa tersebut justru bernyanyi ria di fasilitas karaoke, yang disediakan di mobil perpustakaan keliling.

Disaat ada siswa yang bernyanyi, rekan-rekannya sibuk membaca buku.

Seakan-akan mereka mendapat hiburan saat membaca. Tidak hanya itu, beberapa anak-anak SD juga tampak asik mewarnai buku gambar yang disediakan pihak perpustakaan keliling.

"Sekarang konsep kami perpustakaan berbasis inklusi sosial. Jadi bagaimana meningkatkan animo membaca siswa, dengan menghadirkan kegemaran atau potensi mereka," ujar Kepal Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Klungkung, I Komang Wisnuadi, Minggu (18/9/2022).

Dengan konsep tersebut, mobil perpustakaan keliling dituntut untuk berinovasi. Dulunya mobil yang hanya menyediakan buku bacaan keliling, kini dilengkapi beberapa fasilitas. Misal karaoke bagi warga yang senang bernyanyi, disediakan juga media menggambar dan mewarnai, hingga papan catur bagi yang senang bermain catur.

Dulu mobil perpustakaan keliling yang terkesan membosankan, kini justru semakin menarik antusias anak-anak.

"Ini juga untuk meningkatan bakat dan kemampuan, serta potensi anak-anak. Sembari memancing mereka untuk membaca berdasarkan literasin yang ada," jelasnya.

Perpustakaan keliling dengan berbagai fasilitias baru ini, kedepan akan hadir di sekolah maupun di moment-moment kegiatan masyarakat. Diharapkan dengan kehadiran berbagai fasilitas itu, bisa menarik antusias warga untuk membaca buku.

"Minggu depan kami mencoba mmeberi hadiah langsung yang sederhana ke anak-anak untuk peningkatan minat baca. Karena anak-anak itu biasanya ingin usaha mereka mendapatkan apresiasi," ujarnya. (Eka Mita Suputra)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved