Berita Bali

Koster Minta Bantuan Menhub Atasi Tiket Pesawat Mahal dan Tambah Penerbangan ke Bali

Gubernur Bali I Wayan Koster minta bantuan Menhub untuk atasi tiket pesawat mahal dan tambah penerbangan ke Bali.

Tribun Bali/Ni Luh Putu Wahyuni Sari
Gubernur Bali, Wayan Koster ketika ditemui pada acara Bimtek Anti Korupsi bagi Pelaku UMKM Se-Bali, Kamis 7 Juli 2022 - Koster minta bantuan Menhub untuk atasi tiket pesawat mahal dan tambah penerbangan ke Bali. 

TRIBUN BALI.COM, DENPASAR - Sektor pariwisata di Bali pada Bulan Maret 2022 dikatakan Gubernur Bali, Wayan Koster sudah mulai membaik dan jumlah wisatawan mancanegara dan domestik kembali mengalami pemulihan.

Sejak pertengahan bulan Maret jumlah wisman terus meningkat dan saat ini jumlah kunjungan wisman ke Bali lebih dari 10 ribu orang perhari melalui Bandara Ngurah Rai. Kemudian untuk wisdom kurang lebih jumlahnya 12-14 ribu perhari.

Gubernur Bali I Wayan Koster mengatakan bahwa kondisi Bali sudah mulai membaik namun terkendala harga tiket naik.

“Jadi sebenarnya kondisi di Bali saat ini dibanding sebelum Covid-19 sudah mencapai lebih dari 50 persen untuk wisman dan wisdom 30-40 persen agak terkendala karena harga tiket naik,” kata Koster pada, Senin 19 September 2022.

Lebih lanjutnya ia mengatakan telah meminta Menteri Perhubungan ( Menhub) untuk menambah penerbangan ke Bali sekaligus menurunkan harga tiket agar para wisatawan yang berkunjung ke Bali dapat lebih banyak berkunjung. Menurutnya harga tiket yang sentuh hingga Rp. 500 ribu tersebut cukup berat untuk wisatawan yang akan mengajak keluarganya berlibur.

“Dan akibat Pandemi Covid-19 saya perlu sampaikan kalau Bali perekonomiannya 54 persen lebih bergantung dari sektor pariwisata. Nah karena pariwisata stuck maka perekonomian Bali mengalami pertumbuhan negatif kontraksi pada Tahun 2020 mencapai -9,31 persen,” paparnya.

Baca juga: Caca Anska Orbitkan Nindi & Sharan, 2 Perempuan Bali Untuk Tembus Ajang Indonesian Idol 2023

Sementara, sejalan dengan membaiknya pandemi pada Tahun 2021 menjadi -2,47 persen. Kemudian pertumbuhan ekonomi 2022 triwulan 1 sentuh angka +1,46 persen dan triwulan 2 akhir september +3,04 persen dan dinilai sudah cukup tinggi. Lalu pada Triwulan 3 target pertumbuhan ekonomi yakni 3,5 hingga 4 persen dan triwulan 4 diatas 4 persen.

“Pada Tahun 2023 diharapkan kembali ke normal dapat mencapai 5 persen supaya bisa seperti normalnya diatas pertumbuhan ekonomi nasional. Saat ini Bali dibawah rata-rata nasional ini lah susahnya jadi daerah yang bergantung dengan pariwisata,” tutupnya.

Sementara dilansir dari traveloka.com, harga tiket pesawat one way tujuan dari Sydney (SYD) ke Bali / Denpasar (DPS) mulai dari Rp. 8 juta hingga Rp. 26 juta. (*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved