Uji Coba Konversi Kompor LPG

Bali Jadi Lokasi Uji Coba Konversi Kompor LPG ke Kompor Listrik, Fokuskan Pengguna Listrik 450 VA

Bali resmi dipilih menjadi lokasi uji coba konversi dari kompor menggunakan LPG menjadi kompor listrik yang menggunakan sistem induksi

Dok. PT Pertamina
Pengisian tabung LPG non subsidi. Bali Jadi Lokasi Uji Coba Konversi Kompor LPG ke Kompor Listrik, Fokuskan Pengguna Listrik 450 VA 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASARBali resmi dipilih menjadi lokasi uji coba konversi dari kompor menggunakan LPG menjadi kompor listrik yang menggunakan sistem induksi.

Konversi ini sesuai dengan arahan dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang tengah melakukan uji coba untuk konversi ini di Bali dan Solo.

Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa konversi ini masih dalam tahap uji coba dan pemerintah akan meninjau kembali usai uji coba selesai dilakukan.

"Itu sedang dilakukan piloting (uji coba) di beberapa daerah, antara lain Bali dan Solo, nanti kita review setelah piloting jalan," kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (19/9/2022).

Airlangga melanjutkan, program tersebut sudah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo, tetapi ia menegaskan bahwa kelanjutannya masih menunggu hasil uji coba.

Baca juga: Marak Ditemukan Pengoplosan Gas LPG, Pemkab Badung dan TNI/Polri Monitoring, Antisipasi Kecurangan

"Ya itu sudah dilaporkan dan ini menunggu piloting," ujar dia.

Sebagaimana diketahui, dalam tahap awal, pemerintah sedang melakukan uji coba di beberapa kota seperti Solo, Denpasar, dan Sumatera.

Masing-masing diberikan kompor listrik ke 1.000 rumah tangga dengan kapasitas daya listrik antara 450-900 VA.

Terakit hal ini, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, pengguna kompor induksi akan menggunakan jalur khusus, dan tidak mengganggu listrik yang sudah terpasang.

Selama ini, masyarakat menilai dengan menggunakan kompor induksi, maka daya listrik akan dinaikkan dan menambah beban pembayaran listrik.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved