Berita Badung

Banyak Bule Bikin Ulah, Polsek Mengwi Lakukan Sidak Bersama PORA di Wilayah Hukumnya

Banyak Bule Berulah, Polsek Mengwi Lakukan Sidak Bersama PORA di Wilayah Hukumnya

TB/Istimewa
Pelaksanaan sidak yang dilaksanakan Polsek Mengwi dengan Imigrasi Denpasar di Wilayah Hukum Polsek Mengwi pada Rabu 21 September 2022 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Polsek Mengwi bersama tim Pengawasan Orang Asing (PORA) dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Wilayah Bali melalui wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Denpasar melaksanakan oprasi gabungan tentang dokumen orang asing diwilayah Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, pada Rabu 21 September 2022.

Oprasi dilakukan bertujuan untuk mendata orang asing di wilayah Mengwi agar taat dengan administrasi. Pasalnya saat ini banyak orang asing yang ditemukan berulah di beberapa wilayah kabupaten Badung.

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Kapolsek Mengwi diwakili Kanit Intelkam Polsek Mengwi IPTU I Gusti Raka Darma Putra Imigrasi Kelas 1 TPI Denpasar yang diwakili Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Kasiwasdakim) Yudistira Yudha Pratama.

Pelaksanaan sidak yang dilaksanakan Polsek Mengwi dengan Imigrasi Denpasar di Wilayah Hukum Polsek Mengwi pada Rabu 21 September 2022
Pelaksanaan sidak yang dilaksanakan Polsek Mengwi dengan Imigrasi Denpasar di Wilayah Hukum Polsek Mengwi pada Rabu 21 September 2022 (TB/Istimewa)

Hadir pula pada kessmpatan itu, Danramil 1611-04 Mengwi diwakili Peltu I Ketut Oka, Camat Mengwi diwakili Kasi Trantib Bagus Adi Putra, Kabid Kesbangpol Sat.Pol PP Kabupaten Badung I Made Jaya, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan 15 Kepala Desa serta 5 Lurah yang ada dikecamatan Mengwi.

Kegiatan diawali dengan melaksanakan rapat konsolidasi diruang Rapat Kantor Desa Cemagi dengan dipimpin oleh Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian

Selesai melaksanakan konsolidasi kemudian tim bergerak menyambangi PT. Udara Bali Yoga yang berlokasi di Banjar Seseh, Desa Cemagi, Mengwi - Badung dan Jungle Padel di Banjar Tiying Tutul, Desa Pererenan. Pada kesempatan itu tim gabungan langsung melakukan pengecekan dokumen orang asing, namun tidak ditemukan adanya pelanggaran.

"Jadi dari pihak imigrasi juga menyarankan kepada orang asing untuk melengkapi administrasi selama tinggal diwilayah Kecamatan Mengwi dan Bali pada umumnya," kata Kanit Intelkan Polsek Mengwi Iptu I Gusti Raka Darma Putra.

Diakui kegiatan oprasi itu untuk sementara mrlakikan penertiban administrasi bagi orang asing selama tinggal diwilayah hukum Polsek Mengwi. Sehingga pihaknya pun bekerjasama dengan pemerintah desa melakukan pendataan dan penertiban administrasi kependudukan kepada orang asing yang ada diwilayah Hukum Polsek Mengwi

"Setiap orang asing yang masuk kewilayah Hukum Polsek Mengwi khususnya yang chek ini selalu didata. Bagitu juga saat chek out termasuk setiap kegiatan yang diselenggarakannya," ujar Iptu Darma Putra.

Pihaknya meminta masyarakat yang menampung orang asing wajib melaporkan keberadaan dan identitas orang asing tersebut serta ijin tinggalnya. Hal itu lun untuk mempermudah proses pendataan.

"Kalau kita turun satu-satu kan tidak maksimal, sehingga perlu adanya peran serta pemerintah dibawah," bebernya.

Pihaknya mengakui, jika ditemukan adanya pelanggaran berupa visa maupun ijin tinggal yang sudah habis masa berlakunya, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak imigrasi untuk diambil tindakan sesuai dengan Undang-undang yang berlaku.

"Begitu juga jika terjadi pelanggaran pidana kami akan tindak tegas sesuai dengan aturan yang berlaku, apalagi adanya penyalah gunaan narkoba tidak ada ruang diwilayah kami," bebernya.

Lebih lanjut dijelaskan, pendataan kembali dilakukan untuk mengantisipasi orang asing yang berulah. Mengingat beberapa hari terakhir ramai di media sosial kelakuan orang asing yang sudah menyalahi aturan.

"Kita mengantisipasi hal yang kita tidak inginkan. Selain itu mempermudah menemukan orang asing jika mereka membuat onar dan mengganggu ketertiban di masyarakat," imbuhnya. (*)

 

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved