Berita Bali

Dituntut 15 Tahun Penjara Edarkan 18 Kg Sabu & 427 Gram Ekstasi di Bali, 2 Pria Ini Minta Keringanan

Edarkan 18 Kg Sabu dan 427 Gram Ekstasi di Bali Dituntut 15 Tahun Penjara, Dua Pria Asal Banjarmasin Minta Keringanan

Penulis: Putu Candra | Editor: Harun Ar Rasyid
Tribun Bali/Dwi S
Ilustrasi Narkoba - Edarkan 18 Kg Sabu dan 427 Gram Ekstasi di Bali Dituntut 15 Tahun Penjara, Dua Pria Asal Banjarmasin Minta Keringanan 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Terdakwa Aulia Rahman (29) dan Muhammad Ansar (24) melalui tim penasihat hukumnya telah mengajukan pembelaan (pledoi) secara tertulis.

Nota pembelaan mereka ajukan menanggapi surat tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntut keduanya dengan pidana bui selama 15 tahun.

Kedua terdakwa asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini dituntut pidana, karena diduga terlibat peredaran narkotik golongan I di Bali.

Keduanya ditangkap oleh petugas kepolisian dari Polresta Denpasar dengan barang bukti sabu seberat 18.283 gram netto atau 18 kilogram lebih, dan 10 paket ekstasi dengan berat keseluruhan 427 gram.

Ilustrasi narkoba jenis sabu-sabu.
Ilustrasi narkoba jenis sabu-sabu. (Tribun Bali/Dwi S)

"Nota pembelaan telah kami bacakan secara online pada persidangan Pengadilan Negeri (PN) Denpasar. Intinya, kami selaku penasihat hukum memohon kepada majelis hakim agar kedua terdakwa diberikan keringanan hukuman," jelas Gusti Agung Prami Paramita, Rabu, 21 September 2022.

Adapun kata Prami, sejumlah pertimbangan disampaikan dalam nota pembelaan. Diantaranya, terdakwa telah mengakui dan menyesali perbuatannya.

"Terdakwa koperatif memberikan keterangan di persidangan. Terdakwa adalah tulang punggung keluarga," papar pengacara yang tergabung dalam Pusat Bantuan Hukum (PBH) Peradi Denpasar.

Terhadap nota pembelaan yang diajukan terdakwa melalui tim penasihat hukumnya, JPU pun diberikan waktu oleh majelis hakim untuk menanggapi.

Diberitakan, JPU Dina Sitepu menuntut terdakwa Aulia Rahman dan Muhammad Ansar dengan pidana penjara selama dituntut 15 tahun penjara, dan denda Rp. 4.690.000.000 subsidair satu tahun penjara.

dalam surat tuntutan JPU, kedua terdakwa dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan percobaan atau permufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana narkotik dan prekursor narkotik.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved