GFTA Roadshow Revolusi Pendidikan Generasi Masa Depan di Bali, Soroti Belajar Formal & Non-formal

GFTA menyoroti pentingnya akselerasi proses belajar formal dan non-formal dalam pembentukan karakter dan pribadi seseorang

Penulis: Kambali | Editor: Alfonsius Alfianus Nggubhu
Istimewa
Roadshow GFTA dengan acara berjudul “Talent in Focus: How to Find Life Purpose Through Learning” di Colabo Space, Jimbaran Hub, Kabupaten Badung, Bali, pada Jumat, 23 September 2022. 

TRIBUN-BALI.COM, JIMBARAN - Masih ada kesenjangan antara sistem pendidikan formal dengan kebutuhan generasi masa depan.

Pijar Foundation dan EdHeroes Asia berupaya mengatasi isu ini dengan Global Future Talent Alliance (GFTA), sebuah ekosistem berbagi sumber daya untuk revolusi pendidikan.

Menyusul peluncurannya di bulan Juni 2022, rangkaian roadshow GFTA dimulai pada Jumat, 23 September 2022 di Colabo Space, Jimbaran Hub, Kabupaten Badung, Bali, dengan tema berjudul“Talent in Focus: How to Find Life Purpose Through Learning”.

Baca juga: Destinasi Wisata Bali, Patung Budha Tidur di Vihara Dharma Giri Tabanan

Dalam roadshow GFTA perdana di Bali ini, GFTA menyoroti pentingnya akselerasi proses belajar formal dan non-formal dalam pembentukan karakter dan pribadi seseorang, serta memperlihatkan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari.

Roadshow GFTA pertama ini dibuka dengan sambutan dari Cazadira F Tamzil selaku pimpinan GFTA dilanjutkan dengan Panel Talk yang menghadirkan sejumlah tokoh pendidikan, yakni Mahir Bayasut, Ketua Forum Nasional Corporate Social Responsibility Nasional sekaligus Ketua PMO Kedaireka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Riset Teknologi (Kemendikbud-ristek), serta pimpinan komunitas lokal dari Bali Caring Community (BCC) dan Literasipedia.

BCC dan Literasipedia memiliki rekam jejak yang konsisten di bidang pendidikan, sosial, dan kebudayaan Bali.

Ketua Forum Nasional Corporate Social Responsibility Nasional sekaligus Ketua PMO Kedaireka, Mahir Bayasut, mendukung penuh GFTA, sejalan dengan momentum reformasi sistem pendidikan yang digelorakan Kemendikbud-ristek.

“Saya berharap GFTA dapat membantu perguruan tinggi serta institusi pendidikan lainnya, dari Sabang hingga Merauke, agar lebih berani berinovasi serta memberikan manfaat nyata bagi generasi talenta masa depan,” ujar Mahir seperti rilis yang diterima Tribun-Bali.com, kemarin.

Sejalan dengan semangat GFTA sebagai ekosistem berbagi sumber daya, roadshow GFTABali ini pun memfasilitasi project matchmaking antara 15 komunitas lokal dengan calon penyedia sumber daya (resource provider).

Setelah roadshow di Bali, GFTA akan mengadakan serangkaian acara dan forum pendidikan di berbagai kota di Indonesia seperti Solo, Jakarta, Medan, Surabaya, Bandung, dan Makassar.

Farhannisa Nasution, Project Chairwoman EdHeroes Asia yang menjadi mitra Pijar Foundation dalam GFTA, berharap dimulainya rangkaian roadshow GFTA menjadi langkah awal yang baik dan positif terhadap dunia pendidikan.

Hingga akhir tahun 2023, GFTA berencana mendukung 25 inisiatif reformasi pendidikan di Indonesia dan level global. (*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved