Berita Jembrana

Jadi Langganan Banjir, Pemkab Jembrana Pasang Precast Sepanjang 1 Kilometer di Pengambengan

Pemkab Jembrana akhirnya merealisasikan janji untuk mengatasi banjir di Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Provinsi Bali, tahun ini.

Istimewa
Suasana pengerjaan proyek pembangunan drainase dengan precast di wilayah Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana, Minggu 25 September 2022. 

TRIBUN-BALI.COM, JEMBRANA - Pemkab Jembrana akhirnya merealisasikan janji untuk mengatasi banjir di Desa Pengambengan, Kecamatan Negara tahun ini.

Persoalan banjir ini akan diatasi dengan pembangunan drainase menggunakan precast (beton pracetak) bernilai Rp1,3 Miliar.

Diharapkan, pembangunan ini bisa menjadi solusi atas banjir yang terjadi di wilayah tersebut beberapa tahun belakangan ini.

Sebab, selama ini terutama terjadi hujan deras, rumah warga kerap tergenang air dalam waktu beberapa hari.


"Selama ini memang tidak ada drainase di sini (Pengambengan), sehingga jadi langganan banjir," kata Perbekel Pengambengan, Kamaruzzaman saat dikonfirmasi, Minggu 25 September 2022.

Baca juga: Peti Kemas Truk Trailer Terlepas di Jalur Tengkorak Jembrana, 4 Orang Pengendara Motor Luka-luka


Dia menerangkan, sejak beberapa tahun yang lalu wilayah pesisir tersebut kerap kali mengalami banjir.

Bahkan, sempat terjadi air menggenang hingga ketinggian 1 meter.

Syukurnya, pemerintah Jembrana tahun ini sudah merealisasikan pembangunan di sepanjang jalur yang kerap terjadi banjir


"Kami harap bisa mengatasi banjir yang terjadi selama ini. Sehingga nantinya tidak ada lagi warga kami yang rumahnya tergenang air hingga berhari-hari," tegasnya sembari menyebutkan ketika banjir biasanya dilakukan penyedotan dengan mesin agar lebih cepat surut.


Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Pemukiman (PUPRPKP) Jembrana, I Wayan Sudiarta menyebutkan anggaran yang digunakan untuk pembangunan drainase ini bersumber dari APBD Jembrana 2022.

Diharapkan, dengan jalur air atau drainase berbahan precast ini tidak ada lagi warga yang rumahnya tergenang air saat hujan deras. 


"Total hampir 1 kilometer panjangnya (drainase). Itu dibangun di sejumlah titik yang rawan digenangi air. Ada beberapa titik yang rawan banjir," kata Sudiarta. 

Baca juga: Minta Didata Ulang, Nelayan Jembrana Harap Voucher BBM Tepat Sasaran


Dia menjelaskan, untuk teknisnya atau jalur airnya nanti, akan langsung menuju laut kolam labuh Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan.

Sebab, jika dihubungkan ke laut, berpotensi akan tersumbat pasir karena masih terjadi timbulan tanah pesisir. 


Pihaknya berharap, dengan dibangunnya drainase ini aliran air menjadi lancar. Agar tidak lagi terjadi banjir, saluran drainase ini diharapkan dijaga bersama oleh seluruh warga setempat.


"Kami harap drainase ini solusi terbaik untuk atasi banjir di Pengambengan," tandasnya. (*)

 

 

Berita lainnya di Berita Jembrana

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved