Destinasi Wisata Bali

Destinasi Wisata Bali, Museum Geopark Batur, Museum dengan Konsep Geopark Pertama Kali di Indonesia

Destinasi Wisata Bali, Museum Geopark Batur, Museum dengan Konsep Geopark Pertama Kali di Indonesia

Tribun Bali/Ni Putu Diah Paramitha Ganeshwari
Destinasi Wisata Bali, Museum Geopark Batur 

TRIBUN-BALI.COM –  Destinasi Wisata Bali tak hanya di kawasan Kuta, Canggu dan Ubud, Kawasan Kintamani juga tak kalah memiliki keindahan alam hingga wisata edukasi yang wajib kamu kunjungi.

Kintamani berada di Kabupaten Bangli, Bali. Kintamani terkenal dengan panorama alam indah, mulai dari pegunungan, pemandian air panas, danau hingga wisata desa.

Apabila tribunners tertarik untuk mempelajari seputar Gunung Batur dan Gunung Agung, bisa berkunjung ke Museum Geopark Batur.

Museum Geopark Batur berlokasi di Penelokan Main Rd, South Batur, Kintamani, Bangli Regency, Bali.

Dalam museum tersebut terdapat informasi tentang proses pembentukan Pulau Bali, letusan Gunung Buyan-Bratan pada 30.000 tahun yang lalu, dan jenis lava.

Museum Geopark Batur Kintamani memiliki dua lantai yang menampilkan informasi yang cukup berbeda. Lantai pertama memiliki informasi seputar geologi, dan lantai dua memiliki informasi seputar ragam budaya dan hayati.

Terletak di lokasi yang tinggi membuat kawasan Geopark Batur menawarkan udara yang sejuk.

Selain sebagai tempat konservasi geologi, Museum Geopark Batur juga merupakan kawasan wisata yang mencakup wisata gunung, kaldera, danau, hingga museum.

Museum yang baru diresmikan pada 1 April 2016 oleh Menteri ESDM Sudirman Said ini menampilkan koleksi yang merepresentasikan tiga pilar geopark yaitu keanekaragaman hayati (biodiversity), keanekaragaman geologi (geodiversity), dan keanekaragaman wujud budaya (cultural diversity).

Di Museum Geopark Batur ini pengunjung dapat mengetahui sejarah dan geopark Gunung Batur secara lebih dekat.

Museum yang dibangun di atas lahan seluas satu hektar ini berfungsi sebagai pusat informasi geopark, baik geopark Batur maupun geopark nasional lain yang ada di Indonesia dengan jumlah 33 lokasi.

Museum Geopark Batur Kintamani dibangun atas kerjasama antara Direktorat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Direktorat Jenderal Geologi dan Sumber Daya Mineral, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral dengan Bappeda Kabupaten Bangli.

Yang istimewa adalah di dalam kaldera I terbentuk kaldera II. Kaldera pada Gunung Batur diperkirakan terbentuk setelah terjadinya dua letusan besar pada 29.300 dan 20.150 tahun silam.

Pada kaldera II juga terdapat sebuah danau yang berbentuk bulan sabit dengan panjang 7,5 kilometer dan lebar 2,5 kilometer dan dikenal sebagai Danau Batur.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved