Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal

Kontroversi Upacara Pemakaman Kenegaraan Eks PM Jepang Shinzo Abe, Ribuan Warga Menolak, Ada Apa?

Upacara pemakaman kenegaraan Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe akan digelar hari ini Selasa 27 September 2022.

Yuichi YAMAZAKI / AFP
Seorang pengunjuk rasa (tengah) mengangkat plakat di dekat Nippon Budokan di mana orang-orang mengantri untuk meninggalkan bunga menjelang pemakaman kenegaraan untuk mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe di Tokyo pada 27 September 2022. Ribuan pejabat Jepang dan asing berkumpul di Tokyo pada 27 September untuk menghormati Abe, di pemakaman kenegaraan yang langka yang telah memicu kontroversi dan protes. 

TRIBUN-BALI.COM, JEPANG Kontroversi Upacara Pemakaman Kenegaraan Eks PM Jepang Shinzo Abe, Ribuan Warga Menolak, Ada Apa?

Upacara pemakaman kenegaraan Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe akan digelar hari ini Selasa 27 September 2022.

Namun, banyak warga Jepang yang menolak adanya upacara pemakaman kenegaraan bagi Abe yang mana sebanyak 217 negara sahabat dijadwalkan akan hadir.

Melansir dari CNA, hampir 60 persen masyarakat Negeri Sakura memprotes upacara pemakaman tersebut.

Bahkan beberapa politis dari oposisi pun turut ikut memprotes keputusan pemerintah Jepang tiu.

Kontroversi pun mencuat ketika Perdana Menteri Jepang saat ini, Fumio Kishida menyetujui secara sepihak tanpa berkonsultasi terlebih dahulu kepada parlemen.

Selain upacara pemakaman kenegaraan bagi Shinzo Abe tersebut ditaksir akan menelan biaya sekitar, 1,65 miliar yen atau setara Rp 173 miliar.

Pemerintah Kishida mungkin berharap kemeriahan acara yang dihadiri sekitar 4.300 orang, termasuk 700 undangan asing, akan meredam kontroversi.

Baca juga: PENEMBAK Eks PM Shinzo Abe Mulai Digeledah Polisi, Ada Pistol Rakitan Hingga Peledak!

Ketika keluarga Abe mengadakan pemakaman pribadi pertama untuknya, ribuan orang Jepang memberikan penghormatan, dan banyak yang diharapkan berbaris Selasa pagi untuk mempersembahkan bunga di dekat lokasi pemakaman di tempat Budokan yang bertingkat di Tokyo.

Abu Abe diperkirakan akan tiba di lokasi dengan suara 19 tembakan salut, dan kepala juru bicara pemerintah Hirokazu Matsuno akan membuka persidangan sekitar pukul 14:00 sebelum lagu kebangsaan dan mengheningkan cipta.

Eulogi akan mengikuti dari Kishida dan politisi termasuk Yoshihide Suga, yang menggantikan Abe setelah pengunduran dirinya.

Kaisar dan permaisuri Jepang tidak akan hadir, sebagai tokoh nasional yang netral, tetapi Putra Mahkota Akishino dan istrinya diharapkan untuk memimpin pelayat dalam mempersembahkan bunga di akhir kebaktian 90 menit.

Wakil Presiden AS Kamala Harris dan para pemimpin dunia termasuk Perdana Menteri India Narendra Modi dan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese akan hadir.

Warga menaruh bunga dan memberi penghormatan kepada mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe di luar Nippon Budokan di Tokyo pada 27 September 2022, menjelang pemakaman kenegaraannya di kemudian hari. Ribuan pejabat Jepang dan asing berkumpul di Tokyo pada 27 September untuk menghormati Abe, pada pemakaman kenegaraan langka yang telah memicu kontroversi dan protes.
Warga menaruh bunga dan memberi penghormatan kepada mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe di luar Nippon Budokan di Tokyo pada 27 September 2022, menjelang pemakaman kenegaraannya di kemudian hari. Ribuan pejabat Jepang dan asing berkumpul di Tokyo pada 27 September untuk menghormati Abe, pada pemakaman kenegaraan langka yang telah memicu kontroversi dan protes. (Nicolas Datiche / POOL / AFP)

Abe bekerja untuk memupuk hubungan dekat dengan Washington untuk memperkuat aliansi kunci AS-Jepang, dan juga menjalin "Quad" yang lebih kuat yang mengelompokkan Jepang, Amerika Serikat, India, dan Australia.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved