Berita Bali

Menparekraf Sandiaga Sebut Perayaan World Tourism Day di Bali Sangat Spesial

Menparekraf Sandiaga Sebut Perayaan World Tourism Day di Bali Sangat Spesial

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Menparekraf memberikan sambutan dalam pembukaan puncak perayaan World Tourism Day 2022 

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Puncak World Tourism Day (WTD) 2022 atau Perayaan Hari Pariwisata Dunia, digelar di Grand Hyatt Bali, kawasan Pariwisata The Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung hari ini.

Dan untuk pertama kalinya dalam sejarah, Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah perayaan World Tourism Day (WTD) ke-42.

" World Tourism Day diperingati setiap tahunnya tanggal 27 September. Ini menjadi suatu sejarah yang mudah-mudahan dikenang untuk dikemudian hari anak-cucu kita bahwa kita pernah menjadi tuan rumah perayaan puncak World Tourism Day yang saat ini sedang berlangsung,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, Selasa 27 September 2022.

Menparekraf menambahkan perayaan World Tourism Day 2022 di Bali hari ini dihadiri oleh delegasi internasional terbanyak dalam sejarah yang diwakili oleh Menteri dan Pejabat Setingkat Menteri. 

Hal itu berdasarkan informasi yang didapatkan dari Secretary-General of the World Tourism Organization (UNWTO) Zurab Pololikashvili.

"Banyaknya kunjungan delegasi internasional ini dipastikan karena Bali. Bali menjadi daya tarik. Semoga di dalam World Tourism Day ini kita dapat memikirkan kembali pariwisata seperti apa yang kita semua butuhkan dan bagaimana kita bisa mewujudkan agenda pemulihan pariwisata dunia,” imbuh Sandiaga.

Selain itu World Tourism Day di Bali sangat spesial karena baru pertama kali para delegasi bertemu secara fisik setelah pandemi COVID-19.

Perayaan WTD 2022 yang berlangsung hari ini Selasa (27/9/2022) di Bali, diikuti oleh 328 peserta secara offline dan 422 peserta secara online. 

Meliputi perwakilan negara anggota UNWTO, Menteri Pariwisata G20, negara tamu, organisasi internasional, stakeholders pariwisata nasional dan internasional.

WTD ini juga menghadirkan panel diskusi multi-stakeholder dengan tema “Rethinking Tourism as a Key Element on Recovery”, dan juga diskusi dengan tema “The Tourism We Want” yang akan dipimpin oleh perwakilan dari sektor pariwisata di Bali. 

Nantinya para delegasi akan menyampaikan aspirasi terkait upaya pemulihan pariwisata dunia. 

Dan 'Bali Guideline' yang telah disepakati pada Tourism Ministerial Meeting akan menjadi pedoman jalannya panel diskusi tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Presiden RI Joko Widodo saat sambutan secara daring mengucapkan selamat datang di Bali, Indonesia kepada para delegasi yang hadir untuk merayakan Hari Pariwisata Dunia.

“Indonesia merasa terhormat jadi tuan rumah perayaan World Tourism Day ke-42 ini. Terima kasih memilih Indonesia sebagai tempat acara sekaligus menandakan kebangkitan pariwisata Indonesia. Selamat Hari Pariwisata Dunia tahun 2022. Selamat menikmati keindahan Bali dan pesona Indonesia,” katanya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved