Poltekkes Kemenkes Gelar Pengabdian Masyarakat di Karangasem, Beri Pelatihan Bantuan Hidup Dasar

Poltekkes Kemenkes Denpasar Jurusan Keperawatan melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Apit Yeh Manggis Karangasem

Tribun Bali/Wahyuni Sari
Poltekkes Kemenkes Denpasar Jurusan Keperawatan melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Apit Yeh Manggis Karangasem. Ist  

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Poltekkes Kemenkes Denpasar Jurusan Keperawatan melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Apit Yeh Manggis Karangasem dalam bentuk pemberdayaan sekeha teruna sebagai kelompok Tangguh bencana dengan memberikan pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD). 

Desa Apit Yeh Kecamatan Manggis karangasem dipilih sebagai tempat pengabmas ini karena merupakan salah satu daerah rawan bencana khususnya bencana tanah longsor, dan kemudahan akses informasi dan pendekatan kepada masyarakat di daerah tersebut.

Baca juga: JCB Luncurkan Program Eksklusif Kiwami Experience, Tawarkan Pengalaman Autentik Jepang Terbaik

“Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan hari Sabtu tanggal 24 September 2022. Kegiatan dibuka oleh Kelian adat desa setempat I Nengah Kuta dan dalam sambutannya  memberikan apresiasi kepada Poltekkes Kemenkes Denpasar yang sudah menjadikan desa Apit Yeh sebagai desa binaan dan tempat untuk melaksanakan pengabmas,” kata, Ketua Pengabdi KKN, Ns. N.L.K Sulisnadewi,M.Kep.,Sp.Kep.An. pada, Selasa 27 September 2022. 

Setelah acara dibuka dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan BHD untuk sekeha teruna.

Kegiatan pelatihan diawali dengan pre tes, dilanjutkan dengan pemaparan dan demonstrasi tentang BHD, dan diakhiri dengan post test.

Peserta yang terdiri dari anggota sekeha teruna teruni Desa Adat Apit Yeh yang berjumlah 50 orang sangat antusias mengikuti kegiatan dan juga melakukan BHD.

Poltekkes Kemenkes Denpasar Jurusan Keperawatan melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Apit Yeh Manggis Karangasem. Ist 
Poltekkes Kemenkes Denpasar Jurusan Keperawatan melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Apit Yeh Manggis Karangasem. Ist  (Tribun Bali/Wahyuni Sari)

Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta dalam melakukan BHD setelah diberikan pelatihan.

“Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salah satu dari kegiatan tri darma perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan oleh dosen setiap semester,"

"Poltekkes Denpasar merupakan salah satu perguruan tinggi kesehatan yang tentunya memiliki tugas dan peran melakukan pengabdian kepada masyarakat dan perannya sangat dibutuhkan dalam rangka mitigasi maupun tanggap bencana,” tambahnya. 

Kegiatan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat khususnya generasi muda dapat dilakukan dengan tujuan untuk mendampingi masyarakat dalam proses penguatan potensi masyarakat dalam mengantisipasi dan menghadapi bencana.

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini juga diserahkan baju kaos Tangguh bencana sebagai identitas sekeha teruna teruni sebagai kelompok tangguh bencana di Desa Apit Yeh. (*) 

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved