Berita Bali

Kuota Solar di SPBN Pengambengan Terbatas, HNSI Jembrana akan Sampaikan ke Pusat

nelayan mengeluh, sulit mendapat BBM solar bersubsidi, para petani di Klungkung harus cari surat keterangan ke Dinas Pertanian untuk beli solar

Istimewa
Ilustrasi SPBU - Kuota Solar di SPBN Pengambengan Terbatas, HNSI Jembrana akan Sampaikan ke Pusat 

TRIBUN-BALI.COM, NEGARA - Sebagian besar nelayan di Kabupaten Jembrana mengeluhkan sulitnya mendapat BBM jenis solar bersubsidi.

Hal itu disebabkan kuota yang tersedia di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) Pengambengan terbatas.

Beruntungnya, para nelayan diberikan rekomendasi untuk mencari solar di SPBU terdekat.

Sehingga secara umum, stok solar di Jembrana masih aman.

Baca juga: PETANI di Klungkung Harus Tunjukan Surat Keterangan Untuk Beli Solar

Meskipun begitu, pengurus Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Jembrana sebagai perwakilan nelayan bakal menyampaikan keluhan tersebut ke Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP).

Sebab, ketika nelayan hendak melaut pasti ada persoalan soal BBM selama ini.

"Kita sudah sempat cek langsung ke lokasi dan ada keluhan dari nelayan kita khususnya di Pengambengan. Memang kuotanya solar subsidi di SPBN Pengambengan itu terbatas alias habis," kata Ketua HNSI Jembrana, Made Widanayasa, Selasa 27 September 2022.

Sementara itu, para petani di Klungkung harus mencari surat keterangan ke Dinas Pertanian untuk dapat membeli solar sebagai bahan bakar dari traktor.

Kepala Dinas Pertanian Klungkung, Ida Bagus Juanida menjelaskan, jumlah petani yang mencari surat keterangan untuk dapat membeli solar sudah lebih dari 50 orang.

Ketentuan ini sebenarnya sudah lama diberlakukan, namun kembali diintensifkan pasca kebailan harga BBM bersubsidi beberapa waktu lalu.

"Ketentuan ini sebenarnya sudah lama berlaku (petani membeli solar dengan surat keterangan). Tapi kembali intensif pasca kenaikan harga BBM bersubsidi. Tentu pengaturan ini, agar bbm bersubsidi tersalur tepat sasaran," ujar Juanida, Selasa.

Ia menjelaskan, untuk dapat surat keterangan membeli solar, petani cukup datang ke Dinas Pertanian Klungkung dengan membawa KTP atau kartu tani bagi yang telah memiliki.

Dalam surat keterangan itu tidak diatur berapa petani dibatasi untuk membeli solar.

Surat keterangan itu pun berlaku untuk sekali pembelian solar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved