Berita Badung

MESADU Kesulitan Pembangunan TPS3R, Simak Jawaban Puan Maharani dan Giri Prasta

Warga Desa Sedang, Abiansemal, Badung, keluhkan akan pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) yang sulit terwujud.

Tribun Bali/ Agus Aryanta
Warga Desa Sedang, Abiansemal, Badung, keluhkan akan pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) yang sulit terwujud. Pasalnya lahan sudah disediakan, namun pembangunan belum bisa dilakukan karena keterbatasan anggaran. Haln itu pun terungkap saat Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengunjungi Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal, Badung, Rabu 28 September 2022. 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA – Warga Desa Sedang, Abiansemal, Badung, keluhkan akan pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle ( TPS3R) yang sulit terwujud.

Pasalnya lahan sudah disediakan, namun pembangunan belum bisa dilakukan karena keterbatasan anggaran.

Haln itu pun terungkap saat Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengunjungi Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal, Badung, Rabu 28 September 2022.

Warga yang diwakili Kelian Adat Desa Sedang, I Gusti Ngurah Jaya Putra, itu mengaku pembangunan TPS3R tersebut sebenarnya ditujukan untuk menangani sampah dari sumbernya.

Sesuai dengan program Bupati Badung dan Gubernur Bali.

Baca juga: PUAN MAHARANI Tanggapi Dingin Ihwal Cak Imin Tawarkan Diri Jadi Cawapres

Baca juga: TARGETKAN 50 TPS3R di Tabanan Tahun Ini, Simak Penuturan Kepala DLH Tabanan

PDI Perjuangan sepertinya akan mencari kader terbaiknya yang lain, untuk mendampingi Puan Maharani sebagai calon presiden pada Pemilu 2024 mendatang.

Pasalnya putri Megawati dengan nama lengkap Dr. (HC.). Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi, S.Sos ini.

Menanggapi dingin, terkait Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, yang sempat menawarkan diri menjadi pendamping Puan Maharani menjadi calon wakil presiden (cawapres). 

Cak Imin, saat ini adalah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
PDI Perjuangan sepertinya akan mencari kader terbaiknya yang lain, untuk mendampingi Puan Maharani sebagai calon presiden pada Pemilu 2024 mendatang. Pasalnya putri Megawati dengan nama lengkap Dr. (HC.). Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi, S.Sos ini. Menanggapi dingin, terkait Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, yang sempat menawarkan diri menjadi pendamping Puan Maharani menjadi calon wakil presiden (cawapres).  Cak Imin, saat ini adalah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (Tribun Bali/ Agus Aryanta)

"Sebenarnya permasa lahan utama dalam pertanian, adalah adanya sampah kiriman pada saluran irigasi," tegasnya di hadapan Puan Maharani.

Untuk menangani hal tersebut, pihaknya mendapatkan saran agar membangun TPS3R, namun hingga kini belum dapat terealisasi akibat tidak memiliki biaya.

"Masalahnya sampai sekarang kami belum bisa untuk membangun, makanya hanya tinggal kenangan saja, hanya bisa berharap," ucapnya.

Untuk pembangunan TPS3R itu, pihaknya sudah menyiapkan lahan 27 are yang berada di sekitar lahan pertanian.

Sehingga Jaya Putra berharap, nantinya ada program dari pemerintah pusat dan lainnya, bisa membantu pembangunan TPS3R.

"Jika cepat dibangun dengan cepat dapat merealisasikan program dari Bupati Badung dan Gubernur Bali," bebernya.

TPS3R Desa Dangin Tukadaya, Kecamatan Jembrana yang belum berfungsi hingga saat ini, Jumat 22 Juli 2022 - Jembrana Usulkan 8 TPS3R ke Pusat, Kiriman Sampah ke TPA Peh 50 Ton Per Hari
TPS3R Desa Dangin Tukadaya, Kecamatan Jembrana yang belum berfungsi hingga saat ini, Jumat 22 Juli 2022 - Jembrana Usulkan 8 TPS3R ke Pusat, Kiriman Sampah ke TPA Peh 50 Ton Per Hari (Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan)

Menanggapi hal tersebut, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menerangkan, sejatinya saat ini sudah ada pengerjaan TPS3R di 24 desa/kelurahan.

Bahkan nantinya akan ada tiga TPST di Kabupaten Badung.

Sehingga nantinya, sampah redisu dari TPS3R akan diolah ditempat tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved