Berita Bali

Polda Bali Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Angkat Tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”

Polda Bali Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Angkat Tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”

TB/Istimewa
Suasana upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Depan Polda Bali pada Sabtu 1 Oktober 2022. (Ist) 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kepolisian Daerah Bali menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Depan Polda Bali pada Sabtu 1 Oktober 2022.

Tampak para Pejabat Utama Polda Bali hadir, lengkap dengan mengenakan Pakaian Dinas Upacara (PDU) khas kepolisian.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra bertindak sebagai pemimpin upacara.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar Polda Bali kali ini, mengambil tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”.

Suasana upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Depan Polda Bali pada Sabtu 1 Oktober 2022. (Ist)
Suasana upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Depan Polda Bali pada Sabtu 1 Oktober 2022. (Ist) (TB/Istimewa)

Pancasila dinilai dapat menjadi sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra menuturkan, upacara digelar guna senantiasa mengingat bahwa Pancasila merupakan ideologi negara yang harus dipegang teguh.

Tak hanya bagi kepolisian, Pancasila sebagai ideologi negara harus dipertahankan oleh segenap komponen masyarakat.

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini merupakan salah satu upaya untuk memelihara ingatan kita, tentang Pancasila sebagai idiologi yang harus terus dipegang teguh oleh seluruh komponen bangsa,” tegas Kapolda Bali sebagaimana siaran pers Humas Polda Bali kepada Tribun Bali pada Sabtu 1 Oktober 2022.

Upacara tersebut turut diisi dengan pembacaan ikrar yang berbunyi “Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Bangsa Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan, Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara.

Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperoleh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” isi ikrar saat upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar Polda Bali pada Sabtu 1 Oktober 2022.

 

 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved