Tragedi Kanjuruhan

Jokowi Minta Gelaran Sepak Bola Indonesia Dievaluasi, Perintahkan PSSI Tunda Sementara Liga 1

Presiden Joko Widodo memperintahkan PSSI untuk menunda sementara gelara Liga 1 sementara imbas dari tragedei Arema FC vs Persebaya Surabaya

TRIBUNNEWS
Presiden Joko Widodo memperintahkan PSSI untuk menunda sementara gelaran Liga 1 imbas dari tragedei Arema FC vs Persebaya Surabaya yang menewaskan 129 orang. Hal tersebut pun disampaikan Jokowi pada siaran Pers pada Minggu 2 Oktober 2022. 

Jokowi Minta Gelaran Sepak Bola Indonesia Dievaluasi, Perintahkan PSSI Tunda Sementara Liga 1

TRIBUN-BALI.COM -  Dunia persepakbolaan Indonesia kembali berduka, pasalnya 127 suporter Arema FC meninggal dunia akibat tragedi di Stadion Kanjurahan, Malang seusai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya pada Sabtu 1 Oktober 2022 malam.

Sebagi informasi pada pekan kesebelas BRI Liga 1 menyajikan partai klasik Derby Jatim yang mempertemukan Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Pada laga tersebut, Persebaya Surabaya berhasil memenangkan pertandingan dengan menaklukan Singo Edan julukan Arema FC dengan skor 2-3.

Setelah itu terlihat suporter mulai masuk ke area lapangan dan dihadang oleh aparat keamanan.

Hingga subuh tadi tepatnya pukul 05.00 WIB korban meninggal dunia mencapai 127 orang. Jumlah korban jiwa diyakini bertambah.

Padahal laga tersebut pun hanya dihadir oleh suporter dari Arema FC.

Baca juga: TEGAS! PSSI Larang Arema FC Jadi Tuan Rumah Di Liga 1, Sanksi Tegas Hingga Ranah Pidana Menunggu

Atas tergadi Kanjuruhan yang menewaskan 127 orang suporter dan 2 orang anggota polisi itu Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bela sungkawannya.

"Saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya 129 orang. 129 saudara-saudara kita dalam tragedi sepak bola di Kanjuruhan Malang," ujarnya pada Minggu 2 Oktober 2022 dikutip Tribun-Bali.com dari kanal YouTube Sektreatrian Presiden.

Lebih lanjut, ia pun meminta kepada Stake Holder khususnya kepada Kementrian Kesehatan dan Gubernur Jawa Timur untuk terus memonitor pelayanan kesehatan bagi korban Tragedi Kanjuruhan yang dirawat.

Aremania membopong korban kericuhan saat laga Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu 1 Oktober 2022
Aremania membopong korban kericuhan saat laga Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu 1 Oktober 2022 (SURYAMALANG.COM/Purwanto)

"Saya meminta Menkes dan Gubernur Jatim memonitor pelayanan medis bagi korban yang tengah dirawat agar mendapat pelayanan yang baik," jelasnya.

Lebih lanjut, Jokowi pun memperintahkan kepada Mentri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Kapolri serta PSSI melakukan evalusasi menyeluruh terkait dengan pertandingan dan prosedur penyelenggaraan.

"Khusus Kapolri saya memperintahkan melakukan investigasi dan mengusut tutnas kasus ini, untuk itu saya juga memperintahkan PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur dilakukan," ujarnya.

Ia pun berharap agar tragedi Kanjuruhan ini menjadi tragedi kemanusian terakhir di dunia olahraga Indonesia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persija Jakarta
    20
    11
    5
    4
    27
    11
    10
    38
    2
    PSM Makasar
    20
    10
    8
    2
    35
    8
    19
    38
    3
    Madura United
    20
    11
    3
    6
    26
    14
    8
    36
    4
    Persib
    18
    11
    3
    4
    31
    25
    5
    36
    5
    Bali United
    20
    11
    2
    7
    44
    21
    14
    35
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved