Berita Denpasar

Tingkatkan Layanan dan Tekan Kebocoran, Pemkot Denpasar Kerjasama dengan Korea Terkait Air Minum

Pemkot Denpasar telah bertemu dengan Manager of K-Water Jakarta, sedang menjajaki kerjasama terkait dengan pengelolaan air minum

Istimewa
Pertemuan Jajaran Pemkot Denpasar Manager of K-Water Jakarta, Min Hyu didampingi Vise President of Beomhan Engineering Korea, Chang Yoonkil terkait kerjasama air minum 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar sedang menjajaki kerjasama dengan Pemerintah Korea terkait dengan pengelolaan air minum.

Pemkot Denpasar telah bertemu dengan Manager of K-Water Jakarta, Min Hyu didampingi Vise President of Beomhan Engineering Korea, Chang Yoonkil, di Kantor Perumda Tirta Sewakadhrama Kota Denpasar atau PDAM Kota Denpasar, Bali, Jumat 30 September 2022.

Penjajakan kerjasama ini terkait dengan penerapan sistem Smart Water Management yang berbasis Informasi Komunikasi dan Teknologi (ICT).

Dirut Perumda Air Minum Tirta Sewaka Dharma Kota Denpasar, Ida Bagus Gede Arsana, Sabtu 1 Oktober 2022, mengatakan, pihaknya akan terus mengawal kerjasama dan pelaksanaan program ini.

Baca juga: Calon Pelanggan PDAM Denpasar Keluhkan Biaya Pemasangan Baru yang Berubah-ubah

Ia berharap kerjasama ini bisa berjalan dengan lancar sehingga memberikan manfaat dalam pengelolaan air minum di Kota Denpasar.

Karena dengan kerjasama ini pihaknya meyakini akan bisa meningkatkan pelayanan dan menekan kebocoran air.

Arsana mengatakan, sampai saat jumlah pelanggan Perumda mencapai 89 ribu lebih.

Sedangkan produksi air bersih 1.450 liter/detik, sementara tingkat kebocoran airnya hampir mencapai 40 persen.

“Namun di sisi lain tingkat kehilangan air mencapai 38 persen persen. Ini cukup tinggi tingkat kehilangan airnya,” kata Arsana.

Sehingga dengan adanya kerjasama dengan menggunakan Smart Water Management sistem block diharapkan mampu menekan tingkat kehilangan air.

“Dengan sistem ini tingkat kehilangan hanya maksimal 10 persen. Dengan berkurangnya tingkat kehilangan air kami yakin akan mampu menambah jumlah pelanggan mencapai 160 ribu pelanggan,” kata Arsana.

Sementara itu, dalam rilis, pertemuan dengan Manager of K-Water Jakarta, Min Hyu diampingi Vise President of Beomhan Engineering Korea, Chang Yoonkil diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Denpasar, IB Alit Wiradana.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa Smart Water Management ini diciptakan untuk mengatur manajemen operasional, pemeliharaan jaringan pipa dan pembentukan sistem blok seluruh pendistribusian air.

Dan sistem ini juga nantinya dapat membantu dalam menganalisa atau mengelola operasional pendistribusian air.

Kedepannya, program Smart Water Management ini dapat dilaksanakan di Kota Denpasar, seperti halnya di Korea, sehingga dapat memaksimalkan pelayanan khususnya dari perusahaan air minum kepada masyarakat.

Alit Wiradana pun menyambut baik program yang akan dilaksanakan di Denpasar.

“Kerjasama ini sangat baik dilakukan, terlebih dalam hal meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di Kota Denpasar,” kata Alit Wiradana. (*).

Kumpulan Artikel Denpasar

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved