Tragedi Kanjuruhan

Kompetisi Dihentikan Usai Tragedi Kanjuruhan, Coach Teco: Suporter Harus Terima Hasil Pertandingan

Kompetisi dihentikan usai Tragedi Kanjuruhan, Coach Teco: balik pertandingan semua harus lebih siap dan aman serta suporter harus terima hasil laga.

istimewa
Pelatih Bali United Stefano Cugurra - Kompetisi dihentikan usai Tragedi Kanjuruhan, Coach Teco: balik pertandingan semua harus lebih siap dan aman serta suporter harus terima hasil laga. 

Kompetisi Dihentikan Usai Tragedi Kanjuruhan, Coach Teco: Suporter Harus Terima Hasil Pertandingan

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG – Pelatih Bali United, Stefano Cugurra mendukung penuh pennghentian sementara kompetisi BRI Liga 1 2022/2022  pasca tragedi Kanjuruhan, sementara Tim Independen Pencari Fakta Kasus Tragedi Kanjuruhan sudah dibentuk yang diketuai oleh Menkopolhukam Mahfud MD bergerak melakukan investigasi.

Bagi Teco, lebih baik liga dihentikan sampai keadaan aman dan kompetisi benar-benar siap digelar dengan jaminan tragedi kelam tersebut tidak kembali terulang di Indonesia.

“Lebih baik memang harus berhenti sementara. Buat semua lebih siap lebih aman waktu balik pertandingan,” ujar Coach Teco kepada Tribun Bali, pada Selasa 4 Oktober 2022

Selain itu, Teco merasa harus memberikan penghormatan bagi keluarga korban sehingga kompetisi sebaiknya berhenti sementara.

 

Bali United menunda pertandingan tandang melawan Persita Tangerang yang sejatinya digelar lusa 6 oktober 2022.

“Harus berhenti buat semua hormat sama yang meninggal dan berikan suport untuk keluarga dari mereka,” ujarnya

Di samping itu, jeda kompetisi akibat tragedi ini juga agaknya menjadi momentum bagi para supporter diseluruh Indonesia untuk lebih mendukung tim kesebelasan kebanggan secara positif dan harus bisa menerima hasil dalam pertandingan, baik menang, seri mauupun kalah.

“Buat ada waktu buat semua suporter di semua tim juga bisa pikir. Harapan untuk semua suporter lebih dewasa. Datang ke stadion cuma buat nikmati pertandingan. Balik semua aman ke rumah. Suporter harus bisa terima 3 hasil ada di dalam sepak bola menang, seri, atau kalah,” pungkasnya.

Baca juga: Bek Bali United Leonard Tupamahu Pasca Tragedi Kanjuruhan : Momen Suporter Bersatu dan Lebih Dewasa

Tragedi kanjuruhan menjadi tragedi kelam sepak bola dunia, lebih dari 120 penonton di stadion meninggal dunia, tragedi ini juga menjadi sorotan dunia dan duka bagi para pelaku industri sepak bola dunia.

Dilansir dari situs resmi PT Liga Indonesia Baru pada 3 Oktober 2022, PT LIB selaku operator kompetisi memutuskan untuk menunda lanjutan pertandingan BRI Liga 1 2022/2023 dan Liga 2 2022/2023 selama dua pekan.

Diketahui, LIB telah telah mengirim surat kepada seluruh klub peserta Kompetisi BRI Liga 1 2022/2023 dan Liga 2 2022/2023, Senin 3 Oktober 2022 petang WIB.

Berdasar surat bernomor 583/LIB-KOM/X/2022 dan 584/LIB-KOM/X2022 yang dikirimkan kepada para peserta kompetisi, terdapat dua poin sebagai sebab dilakukannya penundaan kompetisi selama dua pekan.

Pertama terkait insiden pasca pertandingan pada pekan ke-11 antara tuan rumah Arema FC versus Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang pada 1 Oktober lalu.

Baca juga: Kapten Bali United Ungkap Pesan Duka Bagi Korban Tragedi Kanjuruhan, Harap Ini Kejadian Terakhir

Ke-dua berdasar rapat koordinasi pada 2 Oktober yang dipimpin Menko PMK dan dihadiri oleh Menpora, Kapolri, Gubernur Jawa Timur, Anggota Komisi X DPR RI, Kapolda Jawa Timur, Pangdam Brawijaya dan unsur terkait yang menangani tragedi di Kanjuruhan.

"Selanjutnya, PT LIB akan terus melakukan komunikasi dan koordinasi kepada Klub peserta Liga 1 2022/2023 dan segala perkembangan akan diinformasikan pada kesempatan pertama," tulis surat yang ditanda tangani oleh Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

(*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persija Jakarta
    21
    12
    5
    4
    28
    11
    11
    41
    2
    Persib
    19
    12
    3
    4
    32
    25
    6
    39
    3
    PSM Makasar
    20
    10
    8
    2
    35
    8
    19
    38
    4
    Madura United
    21
    11
    3
    7
    26
    14
    6
    36
    5
    Bali United
    20
    11
    2
    7
    44
    21
    14
    35
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved