Berita Bali

Buka WCCE 2022, Presiden Jokowi Yakini Ekonomi Kreatif Akan Jadi Tulang Punggung Dimasa Depan

Buka WCCE 2022, Presiden Jokowi Yakini Ekonomi Kreatif Akan Jadi Tulang Punggung Dimasa Depan

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Tangkapan layar siaran langsung di YouTube kegiatan WCCE 2022 di Bali 

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Dihari kedua kunjungan kerja di Provinsi Bali, Presiden RI Joko Widodo ( Jokowi) membuka Konferensi ke-3 Ekonomi Kreatif atau World Conference on Creative Economy (WCCE) Tahun 2022 yang digelar di Bali Internasional Convention Center (BICC), Nusa Dua, Kabupaten Badung, Kamis 6 Oktober 2022.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa idustri ekonomi kreatif tidak lagi menjadi produk lokal yang konsumsi masyarakat lokal. 

Tetapi industri ekonomi kreatif dengan mudah menjadi produk global yang mudah dinikmati oleh masyarakat lintas negara.

"Pada saat dunia membatasi mobilitas fisik manusia karena pandemi Covid-19, mobilitas karya-karya ekonomi kreatif tetap lalu lalang bergerak tanpa menularkan Covid-19. Sektor ekonomi kreatif relatif mampu bertahan di era pandemi dibandingkan dengan sektor-sektor lainnya," kata Presiden Jokowi.

Bahkan kata Presiden Jokowi ada beberapa sub sektor ekonomi kreatif seperti aplikasi, pengembang permainan, televisi dan radio bahkan tumbuh signifikan dipicu konsumsi konten yang meningkat signifikan selama pandemi.

"Saya percaya ekonomi kreatif di Indonesia dan di banyak negara lainnya akan menjadi tulang punggung dimasa depan, semakin kuat dan diperhitungkan sebagai kekuatan ekonomi yang inklusif," kata Presiden Jokowi.

Maka dari itu Kepala Negara meminta pengembangan ekonomi kreatif harus terus dipacu agar menjadi sektor yang futuristik tumbuh lebih cepat, lebih besar dan lebih maju.

Dan pada hari ini 1.000 pelaku pentahelix dan pengambil kebijakan ekonomi kreatif berkumpul dalam konferensi internasional ekonomi kreatif dunia ketiga, sebuah inisiatif global yang dirintis sejak tahun 2018 sebagai wadah wahana untuk menggaungkan misi kreatif yang inklusif.

Indonesia akan mengambil peran terdepan untuk membangun ekosistem ekonomi kreatif yang inklusif, mendorong peran ekonomi kreatif yang lebih besar dalam pemulihan ekonomi global.

Ekonomi kreatif dapat menjadi solusi meningkatkan taraf hidup masyarakat secara luas dan berkelanjutan karena mampu mendobrak batas geografis, gender, dan strata ekonomi. 

Ekonomi kreatif dapat menjadi pilar utama untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi yang inklusif pertumbuhan ekonomi untuk semuanya.

Topik-topik yang dibahas dalam konferensi ini kata Presiden Jokowi sangat penting dan relevan seperti kebangkitan ekonomi, hak para pekerja kreatif dan kekayaan intelektual, inklusifitas dan agenda SDG’s serta masa depan ekonomi kreatif.

"Saya yakin inovasi dan kreatifitas ditunjang iklim inovasi yant produktif yang dibarengi kebijakaan yang adaptif akn mendorong sebuah kemajuan sebuah peradaban bangsa. Saya berharap World Conference on Creative Economy ketiga ini menghasilkan Bali Creative Economy Roadmap for Global Recovery, untuk mengakselerasi proses pemulihan ekonomi nasional dan global yang inklusif dan berkelanjutan," papar Presiden Jokowi.

WCCE 2022 adalah salah satu side event terkait pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf) pada rangkaian Presidensi G20 Indonesia, yang diharapkan bisa memberikan dampak yang besar kepada masyarakat yang terlibat pada industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved