Berita Bali

Longsor Hancurkan Pipa PDAM di 3 Titik, Beberapa Desa di Klungkung Tak Dapat Air Bersih

Pipa jaringan gravitasi PDAM Klungkung putus diterjang longsor, petugas PDAM turun ke tebing curam di Bangbang

ist
Longsor - Krama subak Daerah Irigasi (DI) Bangbang, Kecamatan Tembuku saat melakukan pembersihan material longsor. Sabtu 8 Oktober 2022 - Longsor Hancurkan Pipa PDAM di 3 Titik, Beberapa Desa di Klungkung Tak Dapat Air Bersih 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Beberapa desa di Klungkung belum mendapatkan layanan air bersih.

Pipa jaringan gravitasi milik Perumda Panca Mahottama (PDAM) Klungkung di Sumber Mata Air Desa Bangbang, Kabupaten Bangli, Bali putus diterjang longsor, dua hari lalu.

Gangguan layanan air bersih masih terjadi, Minggu 9 Oktober 2022.

Para pekerja hingga kemarin sore masih melakukan perbaikan pipa yang putus tersebut. Mereka membawa pipa berukuran besar, berjalan di tepi jurang, menerobos semak belukar untuk menjangkau lokasi.

Baca juga: PDAM Bangli Lakukan Penjajakan Kerjasama Dengan Investor Asal Korea

Beberapa pekerja juga turun ke jurang yang curam untuk dapat memperbaiki jaringan yang sudah menyebabkan gangguan layanan air bersih di beberapa desa yang terjadi sejak Sabtu 8 Oktober 2022.

"Proses perbaikan jaringan ini berada di tebing yang curam. Tingkat kesulitannya tinggi, sehingga butuh kehati-hatian dalam pengerjaannya," ujar Dirut Perumda Panca Mahottama Klungkung, I Nyoman Renin.

Ia mengungkapkan, jaringan di sumber mata air Bangbang tersebut diterjang longsor Sabtu dua hari lalu akibat hujan deras.

Pipa gravitasi itu putus dan tergerus jatuh ke tebing yang curam di kedalaman sekitar 200 meter.

"Jadi kami harus ganti baru jaringan tersebut. Di Jaringan gravitasi Bangbang itu, ada tiga titik yang putus. Satu titik itu, pipa jaringan yang putus sekitar 30 meter," ungkapnya.

Akibat putusnya jaringan tersebut, ada beberapa desa yang mengalami gangguan layanan air bersih seperti Desa Nyanglan, Desa Timuhun, Desa Aan, Desa Getakan, Desa Tihingan dengan total 2.206 sambungan rumah.

Meski berlangsung sulit, perbaikan ditargetkan tuntas kemarin.

Dengan demikian beberapa desa di Klungkung yang mengalami gangguan pelayanan air bisa segera mendapatkan distribusi air bersih.

Selain jaringan di sumber mata air di Desa Bambang, jaringan PDAM di sumber mata air Bajing juga sempat putus akibat diterjang longsor karena hujan deras.

Hal ini sempat membuat layanan air bersih di seputaran Kecamatan Klungkung sempat terganggu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved