Bali United

Pelatih Bali United Teco Setuju dengan PSSI Tentang Skenario Jam Kick Off Liga 1

FIFA merekomendasikan bahwa jam kick off Liga di Indonesia bisa dimulai sebelum jam 5 sore, PSSI mulai mengatur skenario jam kick off

Istimewa
Stefano Cugurra atau Coach Teco, Pelatih Bali United - Pelatih Bali United Teco Setuju dengan PSSI Tentang Skenario Jam Kick Off Liga 1 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ( PSSI) mulai mengatur skenario jam kick off gelaran BRI Liga 1 2022/2023 usai terjadi kontroversi jam pertandingan yang digelar terlalu malam.

FIFA selaku induk organisasi persepakbolaan dunia pun merekomendasikan bahwa jam kick off Liga di Indonesia bisa dimulai sebelum jam 5 sore dan pertandingan hanya digelar pada akhir pekan.

Situasi sebelumnya, Liga 1 2022/2023 digelar paling malam pukul 20.30 WIB bahkan di Bali yang mengacu Waktu Indonesia Tengah (WITA) pertandingan terselenggara pukul 21.30 WITA.

Namun, hal itu sekedar imbauan dari FIFA, untuk kebijakannya kembali kepada PSSI dan PT Liga Indonesia Baru selaku operator Liga serta Indosiar selaku pemegang hak siar.

Baca juga: Teco Tepis Isu Kontrak di Bali United Habis Akhir Tahun Ini, Tegaskan Keinginan Bertahan Karena Ini

Belakangan PSSI merumuskan skenario sendiri, dalam skenario terbaru yang dibuat oleh PSSI, nantinya pertandingan masih ada yang digelar malam hari, dirumuskan kelas-kelas pertandingan beresiko tinggi.

Syaratnya, laga yang memiliki tensi tinggi berlangsung pada sore hari.

Sedangkan untuk laga yang mempunyai kelas tak bertensi tinggi dapat digelar malam hari.

Rupanya, hal tersebut sejalan dengan harapan Pelatih Bali United, Stefano Cugurra dengan berbagai pertimbangan dan catatan, liga bisa digelar sore dan malam hari

“Memperbaiki persepakbolaan Indonesia harus lihat juga ada di dalam sepak bola ada televisi, ada juga sponsor dari klub dapat penghasilan dari situ, juga harus lihat situasi dari TV," ungkap Coach Teco kepada Tribun Bali, Sabtu 15 Oktober 2022.

"Menurut saya harus ada melihat pertandingan yang lebih beresiko, kami yang lama di Indonesia sudah tahu berapa pertandingan bisa terjadi masalah antara suporter, mungkin pertandingan ini bisa sesuai FIFA mau, main jam 5 sore, tapi ada berapa stadion, berapa tempat saya pikir main malam atau sore sama tidak ada masalah antara suporter bisa main sesuai jadwal dari TV,” jabarnya.

Namun kembali lagi, menjadi pekerjaan rumah PSSI, Teco menyebutkan bahwa yang terpenting adalah berpikir supaya tidak ada lagi gesekan rivalitas antara suporter sepak bola di Indonesia, dan stadion menjadi tempat yang aman untuk menyaksikan sepak bola sebagai sebuah hiburan, sehingga Tragedi Kanjuruhan yang merenggut 131 nyawa dan ratusan orang luka-luka tidak lagi terulang.

“Tim butuh juga TV, mungkin ada masukan dari FIFA, masukan kami tahu yang bagus, tapi kami harus lihat yang negara lain juga banyak negara lain main malam juga, tapi mereka main malam kenapa karena stadion aman buat main malam, ini harus dipikirkan, saya tahu orang sudah lama di bola Indonesia, pasti tahu pertandingan bisa ada problem,” ungkapnya.

“Mereka ( FIFA,-red) mau yang positif buat negara ini, tapi harus lihat juga situasi dari TV, kami tidak boleh cuma berubah semua, kenapa pasti ada kontrak, semua tujuan klub dari Indonesia, bukan Indonesia saja tapi dari negara mana-mana ada sponsor dan broadcasting penting buat yang klub, kami tidak mau juga lawan TV, TV juga butuh pertandingan kadang-kadang malam, kami bisa lihat waktu buat tidak terlalu malam, menurut saya lihat pertandingan di mana aman atau tidak, waktu mereka pikir tidak aman harus ikut dari FIFA bisa lebih bagus,” pungkasnya.(*).

Kumpulan Artikel Bali United

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persija Jakarta
    20
    11
    5
    4
    27
    11
    10
    38
    2
    PSM Makasar
    20
    10
    8
    2
    35
    8
    19
    38
    3
    Madura United
    20
    11
    3
    6
    26
    14
    8
    36
    4
    Persib
    18
    11
    3
    4
    31
    25
    5
    36
    5
    Bali United
    20
    11
    2
    7
    44
    21
    14
    35
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved