Berita Internasional

5 Fakta Menarik Tentang Rishi Sunak, Perdana Menteri Baru Inggris Keturunan India dan Pemeluk Hindu

Inilah 5 fakta menarik tentang Rishi Sunak, Perdana Menteri Baru Inggris yang merupakan keturunan India dan seorang pemeluk Hindu.

AFP/DANIEL LEAL via Kompas.com
Riski Sunak - Inilah 5 fakta menarik tentang Rishi Sunak, Perdana Menteri Baru Inggris yang merupakan keturunan India dan seorang pemeluk Hindu. 

5 Fakta Menarik Tentang Rishi Sunak, Perdana Menteri Baru Inggris Keturunan India dan Pemeluk Hindu 

TRIBUN-BALI.COM - Pasca kemenangan Rishi Sunak pada pertempuran sebagai pemimpin partai Konservatif, kini ia otomatis akan menjadi Perdana Menteri Inggris dan menggantikan Liz Truss yang mundur.

Terpilihnya Rishi Sunak menjadi sorotan karena ia telah menorehkan sejarah yang baru di Kerajaan Inggris.

Berikut ini adalah beberapa rangkuman fakta tentang terpilihnya Rishi Sunak sebagai Perdana Menteri Inggris yang baru seperti dilansir Tribun-Bali dari berbagai sumber.

1. Rishi Sunak akan menjadi Perdana Menteri Inggris dari keturunan Asia pertama.

Orang tua Sunak datang ke Inggris dari Afrika timur dan keduanya berasal dari India. Sunak menjadi perdana menteri Inggris pertama yang berlatar belakang Inggris-Asia.

Lahir di Southampton, Sunak tumbuh dengan bersekolah swasta, kemudian menempuh pendidikan tinggi di Universitas Oxford, Inggris lalu Stanford, Amerika Serikat.

Dia menjadi anggota parlemen pada 2015 dan meski hanya sedikit orang di Westminster pernah mendengar namanya, dia menjadi menteri keuangan pada Februari 2020.

Di masa awal jabatannya, dia sudah harus menghadapi pandemi, menghabiskan banyak uang untuk menjaga keberlangsungan perekonomian, yang melambungkan popularitasnya.

Baca juga: Update Tanggal Penobatan Raja Charles III Resmi Diumumkan Kerajaan Inggris, Dilaksanakan 6 Mei 2023

Meski begitu, reputasinya sempat ternoda setelah adanya kontroversi soal pajak dari istrinya, dan tak lama dia juga didenda karena melanggar aturan karantina wilayah.

Rishi Sunak menjadi Perdana Menteri Inggris Kulit Berwarna Pertama

Dilansir dari Guardian, beberapa faktor tersebut merupakan tonggak sejarah dalam evolusi Inggris sebagai masyarakat multikultural dan multi-agama.

Meskipun ada peningkatan mencolok dalam jumlah politisi kulit berwarna yang ditunjuk untuk peran kabinet senior, termasuk jabatan kunci kanselir, sekretaris dalam negeri (mendagri) dan sekretaris luar negeri (menlu), Inggris belum pernah memiliki perdana menteri kulit hitam atau coklat sebelumnya.

Itu adalah "momen bersejarah" yang "tidak akan mungkin terjadi bahkan satu atau dua dekade lalu," kata Sunder Katwala dari lembaga pemikir British Future, yang berfokus pada identitas dan ras.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved