Bali United

KATA Pelatih Bali United Soal Kepengurusan PSSI : Yang Penting Penonton Sepak Bola di Stadion Aman

Begini kata pelatih Bali United Coach Teco soal kepengurusan PSSI : yang penting penonton sepak bola di stadion aman.

Istimewa
Pelatih Bali United Stefano Cugurra atau Coach Teco sambut positif pesan damai Suporter Indonesia - Begini kata pelatih Bali United Coach Teco soal kepengurusan PSSI : yang penting penonton sepak bola di stadion aman. 

Kata Coach Teco Soal Kepengurusan PSSI : Yang Penting Penonton Sepak Bola di Stadion Aman

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pelatih Bali United Stefano Cugurra tidak ingin banyak berkomentar mengenai kepengurusan di induk persepakbolaan Indonesia Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ( PSSI).

Menurut Coach Teco, yang paling utama adalah faktor keamanan penonton di dalam stadion dan tidak ada lagi korban-korban tewas di stadion seperti terjadi Stadion Kanjuruhan yang menewaskan 135 korban jiwa.

"Saya tidak komentar soal ganti orang di sana atau bertahan orang di sana, saya tidak komentar, hanya mudah-mudahan jalan yang paling bagus untuk sepak bola Indonesia lebih aman buat suporter buat siapapun yang datang ke stadion," papar Coach Teco kepada Tribun Bali Jumat 4 November 2022.

Satu bulan pasca tragedi kelam sepak bola di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur, Pemerintah bersama Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ( PSSI) didampingi FIFA sebagai induk organisasi sepak bola dunia sedang berupaya memulihkan persepakbolaan tanah air.

Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada 1 Oktober 2022 usai pertandingan Arema FC versus Persebaya Surabaya yang dikenal sebagai Derby Jatim itu menewaskan total sebanyak 135 orang dan tercatat dalam tragedi kelam sepak bola dengan jumlah korban tewas terbesar nomor dua di dunia.

Peristiwa ini menjadi sorotan dan perhatian dari pelbagai pihak. Pemerintah membentuk Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) untuk mengusut tuntas kasus ini, beberapa orang sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Baik dari arus bawah maupun TGIPF, desakan untuk reformasi di tubuh PSSI juga menyeruak, namun Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan tak bergeming, banyak protes untuk pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mundur dari jabatannya, namun sampai saat ini Iwan Bule masih berdiri sebagai pucuk pimpinan PSSI.

 

Baca juga: Sebulan Kompetisi Berhenti, Pelatih Bali United Coach Teco Menunggu, Menunggu dan Menunggu

Bahkan muncul dukungan dari pelatih berprestasi yang kini menangani Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dan sejumlah punggawa skuat Garuda yang tak rela jika Iwan Bule mundur dari jabatan Ketum PSSI.

Menanggapi perlunya reformasi di tubuh PSSI, menjadi kendala bagi pelatih asing di Indonesia untuk menyampaikan aspirasinya, termasuk pelatih Bali United Stefano Cugurra Teco.

“Susah saya orang bule meskipun sudah kerja lumayan lama di Indonesia, saya tidak tahu juga waktu ganti, ganti siapa, susah buat saya komentar bagus atau tidak ini,” ujar dia

Dirinya hanya bisa berharap, hadirnya FIFA di Indonesia, benar-benar dapat memperbaiki seluruh system persepakbolaan di tanah air untuk kembali bergulir lebih baik lagi dari sebelumnya.

“Saya cuma berpikir sekarang mereka ( PSSI,-red) punya meeting sama presiden FIFA mudah-mudahan meeting berjalan bagus buat mereka punya masukan dari orang FIFA, setelah itu bisa perbaiki sepak bola Indonesia, soal dari berbagai permasalahan yang ada khususnya di dalam stadion,” ujarnya.

“Waktu saya pikir mereka sudah ada banyak masukan, segera bisa jalan, nanti liga harus kembali lebih baik lagi, saya tidak tahu bisa ganti orang atau tidak, bisa tambah lama liga jalan,” pungkas pelatih asal Brasil itu. (*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persija Jakarta
    21
    12
    5
    4
    28
    11
    11
    41
    2
    Persib
    19
    12
    3
    4
    32
    25
    6
    39
    3
    PSM Makasar
    20
    10
    8
    2
    35
    8
    19
    38
    4
    Madura United
    21
    11
    3
    7
    26
    14
    6
    36
    5
    Bali United
    20
    11
    2
    7
    44
    21
    14
    35
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved