Rudal Rusia Hantam Polandia

Eropa Timur Memanas NATO Siaga 1, Menhan Rusia Bantah Rudalnya Hantam Polandia & Pesan Damai Jokowi

Situasi di kawasan Eropa Timur, tengah memanas setelah sebuah rudal menghantam dan menewaskan dua warga Polandia dekat perbatasan dengan Ukraina

Penulis: Ady Sucipto | Editor: Ady Sucipto
(FACEBOOK/WoW - Wolski o Wojnie via The Guardian)
Lokasi rudal Rusia jatuh di Przewodów di Polandia, di mana dua orang meninggal. 

TRIBUN-BALI.COM – Situasi di kawasan Eropa Timur, tengah memanas setelah sebuah rudal menghantam dan menewaskan dua warga Polandia dekat perbatasan dengan Ukraina, Selasa 15 November 2022 malam waktu setempat.

Dilansir Tribun Bali via Associated Press (AP) Rabu 16 November 2022, insiden hantaman rudal tersebut tidak diketahui secara pasti, perihal siapa yang menembakkan rudal dan berasal dari mana.

Sementara itu otoritas Polandia mengungkapkan bahwa pihaknya tengah menyelidiki dan meningkatkan kesiapsiagaan militernya pasca-insiden tembakan rudal ke wilayahnya.

Baca juga: Rudal Hantam Polandia, Presiden Joe Biden Gelar Rapat Darurat dengan Pemimpin G7 & NATO di Bali

Aliansi North Atlantic Treaty Organization atau negara-negara yang tergabung dalam NATO dikabarkan bersiap menggelar pertemuan darurat pasca-insiden penembakan di dekat perbatasan Polandia-Ukraina, dan pihak Rusia dilaporkan telah membantah terlibat insiden itu.

Kepada AP, seorang pejabat intelijen senior Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa rudal Rusia telah menyeberang ke wilayah Polandia dan telah menewaskan dua orang.

Kementerian Luar Negeri Polandia lewat rilis resminya mengindentifikasi bahwa rudal yang menewaskan dua warganya tersebut diduga merupakan rudal buatan Rusia.

Baca juga: Rudal Rusia Hantam Polandia, Pemerintah Panggil Dubes Rusia untuk Beri Penjelasan Rinci Segera

Namun, Presiden Polandia Andrzej Duda dalam pernyataannya memilih tak gegabah dan lebih berhati-hati memberikan respon dengan mengatakan bahwa pejabat di pemerintahannya belum tahu pasti siapa pihak yang telah menembakan rudal dan buatan dari negara mana.

Namun Duda, mengatakan bahwa rudal itu “kemungkinan besar” buatan Rusia, tapi itu masih harus diverifikasi lebih dalam.

“Kami bertindak dengan tenang,” “Ini adalah situasi yang sulit,” kata Duda.

Merespon insiden rudal hantam perbatasan di Polandia, Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg langsung menggelar pertemuan darurat di Brussels, Belgia.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Rusia membantah berada di balik serangan yang menyasar di wilayah dekat perbatasan Ukraina- Polandia.

Dalam pernyataannya yang disertai dengan beberapa foto kerusakan, pihak Rusia mengklaim bahwa hal itu tidak ada hubungannya dengan senjata Rusia.

Reaksi AS 

Baca juga: BREAKING NEWS! Rudal Rusia Menghantam Anggota Negara NATO Polandia, 2 Orang Tewas

Merespon insiden di wilayah negara anggota aliansi NATO itu, Presiden Amerika Serikat, Joe Biden langsung menggelar pertemuan darurat pemimpin G7 dan NATO di Bali, Indonesia pada Rabu 16 November 2022 pagi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved