Bali United

Lewati Masa Berkabung Sepak Bola Masih Terpasung, Suporter Bali United Bersatu di Presidium Nasional

Perwakilan suporter dari berbagai klub sepakat bentuk presidium nasional, desak pemerintah serius menyelesaikan persoalan sepak bola Indonesia.

Istimewa
Presidium Nasional Suporter Sepak Bola Indonesia - Perwakilan suporter dari berbagai klub sepakat bentuk presidium nasional, desak pemerintah serius menyelesaikan persoalan sepak bola Indonesia. 

TRIBUN-BALI.COM, BALI – Perwakilan suporter dari berbagai klub mulai resah dan sepakat membentuk presidium nasional untuk mendesak pemerintah serius menyelesaikan persoalan sepak bola tanah air pasca Tragedi Kanjuruhan.

Hingga saat ini, lebih dari satu setengah bulan kasus bergulir dari hari kejadian tragedi Sabtu 1 Oktober 2022, permasalan sepak bola tak kunjung mendapatkan titik terang.

Padahal, tragedi yang mengakibatkan hilangnya 135 jiwa suporter Arema FC itu sudah hampir melewati masa berkabung dari 50 hari.

Faktor keresahan lain, Presidium Nasional ini menilai, kompetisi sepak bola nasional yang sejatinya adalah ruang pembinaan sepak bola anak anak bangsa menjadi terpasung, alias dihentikan secara paksa.   

Dua alasan tersebut yang menjadi dasar seluruh elemen suporter tanah air yang mayoritas berasal dari klub Liga-1 seperti Bali United, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, Persita Tangerang, Persikabo Bogor, PSM Makasar, Borneo FC, dan Dewa United mulai menentukan sikap. 

Suporter dari Klub Liga 1 tersebut, juga disokong oleh sejumlah elemen suporter kub Liga 2 seperti Persela Lamongan, Persipura Jayapura, Persiba Balikpapan serta Persijap Jepara yang sama - sama bersepakat membentuk sebuah wadah taktis untuk berjuang bersama, yaitu Presidium Nasional Suporter Sepak Bola Indonesia. 

“Kami sepakat berharap liga ini segera bergulir kembali, setuju banget, agar sepak bola kita menuju ke arah yang lebih baik," kata Suporter Senior Bali United, Dek Indra alias Gung Genji kepada Tribun Bali, pada Jumat 18 November 2022.

Wadah baru perjuangan suporter sepak bola Indonesia itu dicetuskan setelah seluruh suporter bertemu dalam sebuah Sarasehan Suporter di Jakarta pada 17 November lalu.

Setelah melalui diskusi panjang tentang situasi sepak bola nasional, Presidium Nasional Sepak Bola Indonesia mengeluarkan enam tuntutan kepada Presiden Indonesia sebagai kepala pemerintahan, juga PSSI dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia.

Baca juga: Presiden FIFA Diundang Jokowi ke Bali, Winger Bali United Ini Berharap Ada Kabar Baik Soal Liga 1

Berikut pernyataan sikap Presidium Nasional Suporter Sepak Bola Indonesia :

Kepada Yth,

1. Presiden RI, Joko Widodo sebagai Kepala Negara Republik Indonesia

2. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan sebagai Penanggungjawab Tertinggi Sepak Bola Indonesia

3. Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jendral Listyo Sigit Prabowo

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persija Jakarta
    21
    12
    5
    4
    28
    11
    11
    41
    2
    Persib
    19
    12
    3
    4
    32
    25
    6
    39
    3
    PSM Makasar
    20
    10
    8
    2
    35
    8
    19
    38
    4
    Madura United
    21
    11
    3
    7
    26
    14
    6
    36
    5
    Bali United
    20
    11
    2
    7
    44
    21
    14
    35
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved