Gempa Cianjur

Ridwan Kamil Kerahkan Helikopter BNPB Evakuasi Korban Gempa Cianjur, Dibantu 100 Lebih Relawan SAR

Pencarian korban gempa Cianjur akan mengerahkan helikopter milik Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) pada Selasa 22 November 2022.

KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau situasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sayang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin 21 November 2022. 

Ridwan Kamil Kerahkan Helikopter BNPB Evakuasi Korban Gempa Cianjur, Dibantu 100 Lebih Relawan SAR

TRIBUN-BALI.COM – Pencarian korban gempa Cianjur akan mengerahkan helikopter milik Badan Nasional Penanggulan Bencana ( BNPB) pada Selasa 22 November 2022.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Dalam konferensi pers di Pendopo Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin 21 November 2022, orang nomor satu Jawa Barat itu mengatakan jika pencarian korban gempa Cianjur akan mengerahkan beberapa helikopter milik BNPB.

"Seluruh infrastruktur sudah datang. Evakuasi akan kami mulai Selasa 22 November 2022 pagi, dengan beberapa helikopter dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) yang siap membantu," kata Ridwan Kamil saat konferensi pers di Pendopo Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin 21 November 2022 malam dikutip Tribun-Bali.com dari Kompas.com pada Selasas 22 November 2022.

Gempa 5,6 M di Cianjur membuat ribuan rumah warga rusak. Data sementara disebutkan ada 2.345 unit rumah rusak. Wilayah yang terparah terdampak gempa adalah di Kecamatan Cugenang.

"Seluruh infrastruktur evakuasi sudah berdatangan, alat berat dari TNI sudah disiapkan, TNI-Polri sudah siap, dapur umum sudah siap, akan dihadirkan di titik pengungsian," kata Ridwan Kamil di Pendopo Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin.

Pencarian Korban Cianjur Mulai Disisir Pagi Ini

Lebih lanjut, ia mengatakan jika proses evakuasi para korban akan dimulai pagi ini, tepatnya saat matahari muncul untuk memaksimalkan waktu evakuasi.

Dalam proses tersebut, dirinya berharap banyak korban selamat (survivor) yang ditemukan.

Baca juga: Adik Dinar Candy Hilang, Tak Bisa Dihubungi Usai Gempa Cianjur: Tolong! Nanti Aku Kasih Imbalan

"Jadi rencana aksi evakuasi mulai matahari muncul, kita akan lakukan secepatnya sambil berharap survivor survivor masih bisa kita temukan dengan kerja kita," jelas Kang Emil.

Selain kehadiran Basarnas, ada pula lebih dari 100 relawan Jabar yang memiliki spesialisasi ahli SAR untuk membantu proses evakuasi para korban.

"Kemudian ada 100-an relawan dari Jawa Barat berdatangan dengan spek (spesialisasi) ahli SAR," papar Kang Emil.

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 5,6 skala richter mengguncang Cianjur, Jawa Barat pada Senin kemarin dan menyebabkan korban jiwa serta kerusakan infrastruktur.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved