Bali United

Bukan Pemain Kacang Lupa Kulit, Nadeo dan Rekan Se-tim Bali United Kenang Sosok Pelatih Ini

Bukan pemain kacang lupa kulit, Nadeo Argawinata dan rekan se-tim di Bali United kenang sosok pelatih saat masih belia.

Banjarmasin Post/Aya Sugianto
Para pemain Bali United saat laga pekan kelima Liga 1 2022/2023 melawan barito Putera di Stadion Demang Lehman, Kamis 18 Agustus 2022 - Bukan pemain kacang lupa kulit, Nadeo Argawinata dan rekan se-tim di Bali United kenang sosok pelatih saat masih belia. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Kesuksesan seorang Nadeo Arga Winata yang menjadi langganan Timnas dan penjaga gawang andalan Bali United, serta para pemain senior Bali United tentu tidak terlepas dari peran guru atau pelatih masa kecilnya.

Meski berada di puncak karier, Nadeo dan rekan setim seperti Gunawan Dwi Cahyo, Leonard Tupamahu hingga Jajang Mulyana nyatanya tak pernah lupa sosok yang melatihnya seja dini dalam mengasah kemampuan mengolah si kulit bundar, mereka tak ingin jadi kacang yang lupa akan kulitnya.

Tengok saja Nadeo Arga Winata yang masih ingat betul sosok yang menopangnya saat masih dini untuk menuju puncak karier, yakni pelatih kiper sekolah sepak bolanya (SSB) dahulu, yakni SB Macan Putih Kota Kediri.

“Yang paling berkesan adalah pelatih kiper saya saat di SSB. Karena, cukup banyak jasanya sehingga saya bisa sampai sekarang. Saya sangat berterima kasih dan Anda sangat berjasa,” ujar Nadeo, pada Minggu 27 November 2022.

Seperti halnya Nadeo, bek sekaliber Gunawan Dwi Cahyo juga selalu terngiang Coach Edy Paryono yang mengasah kemampuannya sejak belia hingga kini malang melintang memperkuat klub top Indonesia.

Coach Edy Paryono adalah pelatih legendaris PSIS Semarang yang sukses membawa trofi juara bagi klub berjuluk Mahesa Jenar tersebut pada musim 1998-1999 silam.

Dari tangan dingin Edy, Gunawan belajar untuk menyusun taktik dan strategi mengawal sektor pertahanan hingga membela Timnas Indonesia.

“Pelatih berjasa adalah Edy Paryono. Dia yang pertama kali membawa saya ke liga profesional dan berkembang dari PSIS. Kemudian saya diajak ke Kediri, berkembang, dan bisa masuk ke timnas,” bebernya.

Baca juga: Pemain Senior Bali United Leo Tupamahu Harap Semoga Dalam Waktu Dekat Liga 1 Bisa Kembali Mulai

Satu lagi contoh pemai senior Bali Unnited yang tak lupa akan kuliltnya adalah bek tengah Jajang Mulyana yang menyebut ada dua orang yang memiliki jasa besar awal merintis karier yakni legenda sepak bola Indonesia Coach Bambang Nurdiansyah yang melatih beberapa klub besar seperti Persija Jakarta, PSIS Semarang, RANS Nusantara FC dan pada musim ini Coach Bambang memilih menukangi tim Liga 2, Persipal Palu.

Satu sosok lain yang berarti dalam karier Jamul adalah Coach M. Abduh yang membawa Jajang pergi ke Cianjur untuk lebih serius mendalami sepak bola menuju liga profesional bersama Pelita Jaya sebagai klub senior pertamanya.

Jamul sepanjang kariernya hingga saat ini mengoleksi 1 trofi juara Liga saat membela Bhayangkara FC tahun 2017 lalu.

Bersama Bali United musim ini, Jajang sudah tampil sebanyak 10 kali di semua ajang. 7 Liga 1, 1 laga di AFC Cup dan 2 laga di Piala Presiden.

Dari seluruh penampilannya bersama Serdadu Tridatu, Jamul yang mengisi pos bek tengah sukses mengemas 2 gol dan 1 assist.

Jamul mampu tampil impresif sejak diturunkan Coach Teco dalam beberapa pertandingan terakhir Bali United baik di ajang uji coba maupun pertandingan resmi di Piala Presiden dan AFC Cup.

Pemilik nomor punggung 73 itu mengawali gol pertamanya berseragam Bali United saat diturunkan sejak menit awal menghadapi Kaya FC Iloilo Filipina, dia berhasil menyarangkan gol semata wayang dari sundulannya dan mengantarkan Bali United menang 1-0.

Dia kembali mencetak gol untuk Bali United di kompetisi Liga 1 melawan Barito Putera, gol yang dia sarangkan berhasil membawa Bali United ke jalur kemenangan, dalam laga yang berlangsung 18 Agustus 2022, Bali United sukses mencukur Barito Putera dengan skor 1-2 di laga tandang. (*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persija Jakarta
    22
    13
    5
    4
    31
    11
    13
    44
    2
    Persib
    20
    13
    3
    4
    35
    25
    8
    42
    3
    PSM Makasar
    21
    11
    8
    2
    38
    8
    21
    41
    4
    Madura United
    22
    11
    4
    7
    27
    14
    6
    37
    5
    Borneo
    21
    10
    6
    5
    38
    18
    15
    36
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved