Piala Dunia 2022

Penyakit Flu Unta Melanda, 32 Tim Suporter Kemungkinan Bisa Berdampak, Cegah Dengan Hal Ini

Pakar kesehatan menyebut jika penyakit ini bisa menyerang siapa saja, namun disebutkan tidak hanya masalah MERS-CoV tapi ada juga penyakit lainnya.

AFP/GLYN KIRK
Suporter Timnas Ekuador melakukan selebrasi usai tim mereka menang dalam pertandingan sepak bola Grup A Piala Dunia 2022 antara Qatar dan Ekuador di Stadion Al-Bayt di Al Khor, utara Doha, Qatar, Minggu (20/11/2022) waktu setempat. 

TRIBUN-BALI.COM, QATARPiala Dunia 2022, suporter dunia yang kini berada di Qatar mulai diresahkan dengan wabah penyebaran Midle East Respiratory Syndrome Coronavirus ( MERS-CoV).

MERS-CoV atau dalam hal ini disebut penyakit flu unta menjadi yang dikhawatirkan bagi para pendukung Timnas yang berlaga di Piala Dunia 2022.

Pakar kesehatan menyebut jika penyakit ini bisa menyerang siapa saja, namun disebutkan tidak hanya masalah MERS-CoV tapi ada juga penyakit lainnya.

Baca juga: Prediksi Piala Dunia 2022 Grup H, Portugal vs Uruguay, Tersajinya Duel Antar Pemain Dunia!

Menurut informasi yang Tribun Bali lansir dari beberapa sumber, para ahli yang mendukung organisasi kesehatan dunia ( WHO) menyebut jika para suporter dan masyakarat disana bisa saja terserang penyakit ini.

Namun untuk mencegahnya, para ahli juga menyebut jika suporter ataupun masyarakat yang ada di Qatar bisa saja mengatasi masalah ini.

Akan tetapi, penyakit ini bisa saja menular kesemuanya, bahkan ke 32 tim suporter yang berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar.

Para ahli dari tiga akademisi yang menerbitkan makalah berjudul ‘Resiko infeksi yang terkait dengan Piala Dunia FIFA 2022 Qatar’ dalam jurnal  ‘in the ‘New Microbes and New Infections’’.

“Piala Dunia FiFA tidak dapat dihindari menimbulkan potensi risiko penyakit menular ke negara tuan rumah (Qatar) dan juga ke negara tetangga dan negara lain karena risiko impor dan ekspor selanjutnya dan juga akuisisi lokal penyakit menular,” kata para ahli yang dikutip dari The Federal.

Baca juga: Sosok Son Heung-Min, Kapten Korea Selatan Sekaligus Pemain Kunci Melawan Ghana Piala di Dunia 2022

Dirpediksi juga, penyakit saluran pernapasan lainnya adalah MERS-CoV yang telah menyebabkan banyak wabah rumah sakit di Arab Saudi, telah menyebabkan sejumlah kasus di Qatar dan polanya sporadis.

Menurut makalah tersebut, data epidemiologi dari Qatar menunjukkan terjadinya 28 kasus MERS (kejadian 1,7 per 1.000.000 penduduk) dan sebagian besar kasus memiliki riwayat kontak dengan unta.

“Oleh karena itu, orang dengan risiko lebih besar terkena penyakit parah disarankan untuk menghindari kontak dengan unta dromedaris, minum susu unta mentah atau air seni unta, atau makan daging yang belum dimasak dengan benar.” terangnya.

Pakar kesehatan telah memperingatkan suporter Piala Dunia FIFA terkait delapan penyakit termasuk COVID-19, Cacar Monyet, MERS, penyakit yang ditularkan melalui vektor (leishmaniasis kulit, malaria, demam berdarah, rabies), Campak, Hepatitis A, Hepatitis B, dan diare pelancong.

Apa itu MERS?

Menurut WHO, coronavirus sindrom pernapasan Timur Tengah ( MERS-CoV) adalah virus yang ditransfer ke manusia dari unta dromedaris yang terinfeksi.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    Persija Jakarta
    22
    13
    5
    4
    31
    11
    13
    44
    2
    Persib
    20
    13
    3
    4
    35
    25
    8
    42
    3
    PSM Makasar
    21
    11
    8
    2
    38
    8
    21
    41
    4
    Madura United
    22
    11
    4
    7
    27
    14
    6
    37
    5
    Borneo
    21
    10
    6
    5
    38
    18
    15
    36
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved