Berita Badung

Pasca Kebakaran Pasar Desa Adat Mengwi, Pihak Desa Akan Lakukan Upacara Guru Piduka dan Pencaruan

Pasca Kebakaran Pasar Desa Adat Mengwi, Pihak Desa Akan Lakukan Upacara Guru Piduka dan Pencaruan

Tribun Bali/ I Komang Agus Aryanta
Kondisi Pasar Mengwi pada lantai dua pasca terbakar yang saat ini diberikan police line pada Rabu 30 November 2022 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Bendesa adat Mengwi, Kabupaten Badung akan langsung mengambil tindakan, pasca terjadinya kebakaran yang di pasar Desa Adat Mengwi  pada Selasa 29 November 2022 malam. Bahkan pihak desa berencana akan melakukan upacara guru piduka, di areal bangunan yang terbakar, termasuk di Pura Melanting yang berlokasi di sebelah barat pasar.

Bendesa adat Mengwi Anak Agung Gegel yang ditemui di Pasar Mengwi mengakui bahwa pihaknya akan melakukan upacara secara niskala atas terjadinya musibah kebakaran tersebut. Upacara yang dilakukan yakni melaksanakan guru piduka dipura melanting dan pencarian.

“Kita sudah menanyakan kepada orang suci atau pendeta terkait tindak lanjutnya. Jadi kami akan melakukan upacara guru piduka di Pura Melanting sebelah barat pasar,” ujarnya Rabu 30 November 2022.

Pihaknya juga mengatakan untuk saat ini pasar Desa Adat Mengwi tetap buka seperti biasa. Hanya saja pada lantai dua yang sebelumnya terbakar saat ini masih dikunci dan tidak diberikan warga yang masuk.

“Sudah diberikan garis police line, bahkan nanti akan dilakukan penyelidikan oleh Polres Badung,” ucapnya.

Kendati demikian pihaknya mengaku total ada sebanyak 56 kios yang terbakar dengan total kerugian di angka Rp 3,8 Miliar sampai Rp 4 Miliar. Mengingat barang-barang yang terbakar adalah kain yang harganya lumayan mahal.

“Kami menduga kejadian itu terjadi karena adanya korsleting listrik. Namun kita saat ini tidak berbicara siapa yang salah, namun saya sudah bersurat kepada bupati Badung, dengan harapan bisa diberikan bantuan untuk pembangunan  atau perbaikan gedung tersebut,” harapnya.

Untuk membantu pedagan yang lapaknya terbakar, pihaknya mengaku akan membangun kios sementara di sebelah barat pasar. Kios itu nantinya dipergunakan untuk 16 pedagang yang ada.

“Jadi kita berharap agar mereka para pedagang ada aktivitas lagi. Mengingat satu pedagang memiliki beberapa kios yang terbakar,” ucapnya

Lebih lanjut dirinya mengaku akan memperbaiki pasar tersebut. Mengingat Desa Adat Mengwi memiliki porsi dana untuk pembangunan termasuk perbakan pasar tersebut. Hanya saja sifatnya melengkapi bantuan yang ada nanti.

Seperti diketahui, Pasar Mengwi yang terletak di sebelah Puri Ageng Mengwi, Kecamatan Mengwi Badung terbakar pada Selasa 29 November 2022 malam. Bahkan dari hasil pendataan sementara ditaksir kebakaran hebat itu pun mengakibatkan kerugian mencapai Rp 4 Miliar. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved