Breaking News:

Berita Badung

Budidayakan Ikan Hias, Dinas Perikanan Badung Gelar Mangupura Koi Festival

Dinas Perikanan Kabupaten Badung juga menginkan masyakat membudidayakan ikan hias. Pasalnya belakangan ini harga ikan hias lumayan tinggi.

Tribun Bali/ I Komang Agus Aryanta
Kadis Perikanan Badung I Nyoman Suardana, Budidayakan Ikan Hias, Dinas Perikanan Badung Gelar Mangupura Koi Festival 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Selain membudidayakan ikan air tawar, Dinas Perikanan Kabupaten Badung juga menginkan masyakat membudidayakan ikan hias. Pasalnya belakangan ini harga ikan hias lumayan tinggi.

Bahkan untuk meningkatkan daya tarik masyarakat akan ikan hias dan juga serangkaian memeriahkan HUT Kota Mangupura Ke-13, Dinas Perikanan Kabupaten Badung menggelar Kontes Ikan Koi bertajuk “1st Mangupura Koi Festival”.

Acara yang akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan dari tanggal 2-4 Desember 2022 itu akan diadakan di Gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung. Bahkan koi festival juga akan dimeriahkan dengan live akustik dan pameran ikan koi dari penggiat ikan hias koi di Kabupaten Badung.

"Selain khusus ikan koi, juga ada stand kuliner dan UMKM Kabupaten Badung," ujar Kadis Perikanan Badung I Nyoman Suardana Kamis 1 Desember 2022.

Menurutnya, ada lima kategori yang dibagi dalam dua puluh satu kelas dan ukuran ikan yang dilombakan. Semua itu mulai dari size 15 cm-65 cm.

Kontes ikan koi dilakukan secara open dimana peserta berasal dari berbagai daerah di tanah air yang bisa mendaftar melalui online di link : dekoishow.com/mangupura22.

"Kontes ikan koi ini untuk memeriahkan rangkaian HUT Mangupura Ke-13. Kontes ini momen untuk menumbuhkan kegemaran ikan koi di Badung dan akan dinilai oleh tim juri nasional dari Asosiasi Pecinta Ikan Koi Indonesia (APKI)," ujarnya.

Pihaknya mengakui kontes tersebut juga untuk membangkitkan minat dari generasi muda di Kabupaten Badung dalam membudidayakan ikan hias khususnya ikan Koi. Diakui saat ini komoditi ikan Koi sangat diminati oleh masyarakat kalangan umum.

"Dengan Kontes ini diharapkan budidaya ikan hias khususnya Koi bisa menjadi salah satu mata pencaharian dibidang usaha perikanan," harapnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved