Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa Diprediksi Jadi Menhan

Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa Diprediksi Jadi Menhan

TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bersama Ketua DPR Puan Maharani saat mengunjungi kawasan IKN di Kabupaten PPU, Rabu (16/2/2022). 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Jenderal Andika Perkasa bakal melepas jabatan sebagai Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono hampir pasti akan menggantikannya.

Yudo Margono menjadi satu-satunya pejabat tinggi TNI yang diusulkan Presiden Jokowi dan telah melalui fit and proper test di DPR RI.

Lantas bagaimana karir Andika Perkasa selanjutnya setelah pensiun dari TNI?

Baca juga: Berikut Sembilan Calon Pengganti yang Berpeluang Menjabat KSAL Menggantikan Yudo Margono

Pengamat Intelejen dan Terorisme Ridlwan Habib menilai setelah pensiun dari jabatannya sebagai Panglima TNI Andika Perkasa bisa menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menpan).

Menurut Ridlwan Habib hal itu dikarenakan kapabilitas Andika Perkasa masih dibutuhkan oleh Presiden Joko Widodo.

“Prestasi dan pengalaman jenderal Andika dapat membantu kerja pemerintahan di tahun 2023 yang penuh dinamika,” kata Ridlwan Habib dalam keterangannya kepada Tribunnews.com, Senin (5/12/2022).

Kemudian dinilai Direktur The Indonesia Intelligence Institute itu Andika Perkasa layak menjadi satu di antara menteri dalam kabinet Jokowi.

Baca juga: Oknum Paspampres Diduga Rudapaksa Anggota Kostrad di Hotel Bali, Andika Perkasa: Terbukti Pecat!

“Kabarnya akan ada reshuffle dalam waktu dekat, jika benar, Andika bisa menjadi menteri yang pas sepertinya Menteri Pertahanan,” sambungnya.

Menurut Ridlwan, Menhan yang sedang dijabat Prabowo Subianto digadang-gadang bakal menjadi calon presiden bisa saja diganti agar lebih fokus dalam mengelola partai politiknya.

Kemudian dikatakan peran Andika sebagai Panglima TNI setahun terakhir terbukti baik dan berhasil.

Beberapa pencapaian besar berhasil ditunaikan Andika Perkasa, seperti latihan besar-besaran Super Garuda Shield dan tugas pengamanan KTT G-20 di Bali November lalu.

“Jika menjadi Menhan, Andika bisa mengkonsolidasikan berbagai rencana yang sudah disusun, namun belum tuntas diselesaikan karena keburu habis masa jabatan,” tutup alumni S2 Kajian Intelijen UI tersebut.

 

Artikel terkait telah tayang di Tribunnews dengan judul Pengamat Intelijen: Setelah Pensiun dari Panglima TNI Andika Perkasa Bisa Menjadi Menteri Pertahanan

 

 

 

 

 

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved