Berita Bali

Menko Luhut Optimistis AIS Forum Hadirkan Solusi Perubahan Iklim

Menko Luhut ungkap kehadiran para delegasi pada acara AIS Forum menjadi bukti dedikasi dan kerja sama hingga nantinya hadirkan solusi perubahan iklim.

Istimewa
Menko Luhut ungkap kehadiran para delegasi pada acara AIS Forum menjadi bukti dedikasi dan kerja sama hingga nantinya hadirkan solusi perubahan iklim. 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ( Menko Marves), Luhut B. Pandjaitan memberikan sambutan pada acara Welcoming Dinner of the 4th Ministerial Meeting of the AIS Forum di Bali, Senin (5/12/2022) malam. 

Menko Luhut menyambut dengan ramah para delegasi yang hadir dalam pelaksanaan welcoming dinner tersebut.

“Selamat datang di Indonesia, di Pulau Bali yang indah. Saya harap anda dapat menikmati kunjungan anda, merasakan sambutan hangat dan membawa pengalaman indah saat kembali ke negara anda,” kata Menko Luhut kepada para delegasi yang hadir.

Menko Luhut mengutarakan bahwa kehadiran para delegasi pada acara AIS Forum menjadi sebuah bukti dedikasi dari masing-masing negara untuk memperat kerja sama. 

Di dunia yang selalu berubah, pertemuan ini menjadi harapan bagi kita untuk dapat mengubah masa depan. 

“Melalui AIS Forum ini kita optimis untuk dapat menjadi masyarakat yang tangguh dan adaptif, yang mengandalkan pada kekuatan dan kemampuan kita sendiri untuk menghasilkan solusi. Kami telah berkomitmen untuk menghasilkan masa depan yang lebih baik melalui kolaborasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Menko Luhut mengatakan sebagai penjaga wilayah lautan yang luas di dunia, komitmen dan tindakan kita hari ini penting bagi masa depan dunia. 

Lautan mengatur iklim, melestarikan cukup karbon dan menyediakan sejumlah besar sumber pangan bagi dunia.

“Kita sebagai negara pulau dan kepulauan harus memastikan bahwa kita sebagai penggerak untuk mempercepat pemanfaatan keberlanjutan dan perlindungan laut dunia,” tegas Menko Luhut.

Baca juga: Menko Luhut Tekankan Pentingnya Kerja Sama Ekonomi Biru, Perubahan Iklim dan Berkelanjutan

Rangkaian diskusi yang telah dilakukan selama empat tahun terakhir ini telah membawa kita pada titik kritis untuk membentuk kolaborasi yang lebih efektif tambahnya. 

Telah banyak kemajuan dan hasil positif yang dihasilkan, namun ada juga beberapa tantangan yang harus kita atasi. 

“Indonesia dalam hal ini memfasilitasi diskusi yang bermakna, kerja sama dan hasil yang positif dan kita telah berkomitmen untuk melanjutkan kontribusi sederhana untuk menciptakan sekretariat yang efektif untuk lima tahun ke depan dan mengadakan pertemuan para pemimpin negara peserta AIS Forum sebagaimana diamanatkan dalam pertemuan menteri yang kedua,” jelas Menko Luhut.

AIS Forum menjadi ruang untuk menjembatani kolaborasi, memperkuat koordinasi sehingga masing-masing negara dapat secara strategis meningkatkan kapasitas, ketahanan dan memaksimalkan manfaat yang dimiliki untuk kebaikan rakyat, bangsa, dan komunitas global.

“Terlepas dari keunikan yang kita miliki, saya yakin kita memiliki satu tujuan. Mari kita menandai malam yang damai ini sebagai sebuah niat yang baik untuk kolaborasi kita di masa depan,” demikian kata Menko Luhut.(*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved