Tokopedia Beauty Awards 2022

Merek Lokal Denpasar Jadi Salah Satu Pemenang Tokopedia Beauty Awards 2022

Merek Lokal Denpasar Jadi Salah Satu Pemenang Tokopedia Beauty Awards 2022

ist
Category Development (Beauty and Personal Care) Senior Lead Tokopedia, Sherine Pranata (tengah) dan dr. Kardiana Dewi, Sp.KK, FINSDV (kanan) dalam sesi talkshow Tokopedia Beauty Awards 2022. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Merek Lokal dari Kota Denpasar, Bali menjadi salah satu pemenang Tokopedia Beauty Awards (TBA) 2022 dari 25 produk terbaik dari merek lokal kecantikan dan perawatan diri versi pilihan masyarakat.

TBA merupakan ajang penghargaan tahunan dengan hasil yang ditentukan berdasarkan ratusan ribu votes yang terkumpul melalui halaman khusus di aplikasi Tokopedia sepanjang 1-20 November 2022 lalu.

“Kami sangat mengapresiasi masyarakat yang telah memberikan suara kepada merek lokal kecantikan dan perawatan diri pilihannya lewat TBA 2022," kata AVP of FMCG-Long Tail Tokopedia, Marina Anggraini kepada Tribun Bali, pada Kamis 8 Desember 2022

"Hasil votes menunjukkan produk dari pegiat usaha lokal kecantikan dan perawatan diri makin menjadi pilihan utama masyarakat,” sambungnya

Dia menjelaskan, kriteria dan benefit Pemenang TBA 2022, yakni mulai dari popularitas brand di media sosial mainstream hingga perkembangan produk mereka di Tokopedia. 

"Seperti seberapa sering dicari masyarakat dan peningkatan penjualan yang signifikan," ujarnya.

Para pemenang mendapat berbagai benefit untuk menunjang usaha, antara lain modal pemasaran berupa saldo beriklan ‘TopAds’, badge TBA 2022 yang dapat meningkatkan kepercayaan pembeli hingga pelatihan terkait manajemen bisnis dari pakar industri.

Selain TBA, Tokopedia telah menghadirkan banyak inisiatif lain untuk membantu tumbuh-kembang para pegiat usaha lokal kecantikan dan perawatan diri, khususnya UMKM, sekaligus mempermudah masyarakat mengakses produk mereka. 

"Kami juga ada Tokopedia Beauty Dealight, Beauty Flash Friday, Bangga Buatan Indonesia dan masih banyak lagi," ucap dia.

Inisiatif Hyperlocal juga terus digencarkan untuk mendekatkan pembeli dengan penjual di mana pun mereka berada, agar pembeli bisa mendapatkan produk kebutuhan yang lebih beragam dengan lebih cepat dan efisien.

Dan UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang tanpa harus pindah ke kota besar.

Category Development (Beauty and Personal Care) Senior Lead Tokopedia, Sherine Pranata menjelaskan, salah satu manifestasi Hyperlocal adalah Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli.

“Ada pula Dilayani Tokopedia, layanan pemenuhan pesanan (fulfillment) yang memungkinkan penjual–termasuk UMKM kecantikan dan perawatan diri–menitipkan produk di ‘gudang pintar’ pada wilayah-wilayah dengan permintaan tinggi, agar masyarakat bisa mendapatkan produk dari para penjual ini dengan lebih cepat dan efisien,” papar Sherine. 
 
Berkat kehadiran deretan inisiatif tersebut, Tokopedia mencatat berbagai temuan menarik khususnya di kategori Kecantikan dan Perawatan Diri pada kuartal III 2022 dalam subkategori paling laris, masker kecantikan, perawatan wajah dan makeup wajah.

Wilayah dengan kenaikan jumlah transaksi tertinggi meliputi Pandeglang (Banten), Ciamis (Jawa Barat), Magelang (Jawa Tengah), Tuban (Jawa Timur) dan Manado (Sulawesi Utara) 

Wilayah dengan kenaikan jumlah penjual tertinggi meliputi Bandar Lampung (Lampung), Garut (Jawa Barat), Magelang (Jawa Tengah), Denpasar (Bali) dan Balikpapan (Kalimantan Timur).

Wilayah dengan kenaikan jumlah pembeli tertinggi meliputi Muaro Jambi (Jambi), Demak (Jawa Tengah), Alor (Nusa Tenggara Timur), Bantaeng (Sulawesi Selatan) dan Halmahera Tengah (Maluku Utara). (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved