Berita Jembrana

WBP Rutan Negara Panen 300 Kilogram Sayur Hijau, Juga Panen Sayur Kangkung Hidroponik

WBP Rutan Negara Panen 300 Kilogram Sayur Hijau, Juga Panen Sayur Kangkung Hidroponik

Istimewa
Sejumlah warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Negara tampak sibuk panen sayur mayur, Senin 19 Desember 2022. 

TRIBUN-BALI.COM,NEGARA - Sejumlah warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Negara tampak sibuk melakukan kegiatan, Senin 19 Desember 2022. Adalah kegiatan panen raya sayur mayur di rumah tahanan tersebut. Total, ada 300 kilogram sayur hijau yang berhasil di panen dan siap dipasarkan. Selain itu, juga berhasil panen sayur kangkung hidroponik sebanyak 50 kilogram.

Selain perkebunan, Rutan Negara juga menggelar kegiatan seperti meubelair, peternakan, perikanan, pengelasan, serta batako. Kegiatan tersebut berlaku bagi mereka para WBP sesuai dengan amanat Undang-Undang Pemasyarakatan terbaru Nomor 22 tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dimana fokus utama Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) adalah pengamanan dan pembinaan. 

Hasil panen sayur tersebut hanya bermodalkan lahan seluas 50x3 meter. Lahan yang sebelumnya kosong dan tak dimanfaatkan tersebut akhirnya disulap dan dikelola dan diberikan pembinaan oleh petugas setempat. Selain lahan tersebut, WBP juga melakukan kegiatan perkebunan dengan sistem hidroponik di lahan seluas 8x1 meter. Hidroponik hanya memerlukan waktu sekitar satu bulan menghasilkan puluhan kilogram.

Sejumlah warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Negara tampak sibuk melakukan kegiatan, Senin 19 Desember 2022. Adalah kegiatan panen raya sayur mayur di rumah tahanan tersebut. Total, ada 300 kilogram sayur hijau yang berhasil dipanen dan siap dipasarkan. Selain itu, juga berhasil panen sayur kangkung hidroponik sebanyak 50 kilogram.
Sejumlah warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Negara tampak sibuk melakukan kegiatan, Senin 19 Desember 2022. Adalah kegiatan panen raya sayur mayur di rumah tahanan tersebut. Total, ada 300 kilogram sayur hijau yang berhasil dipanen dan siap dipasarkan. Selain itu, juga berhasil panen sayur kangkung hidroponik sebanyak 50 kilogram. (istimewa)

"Hasil panen kali ini lumayan banyak juga, rencana kita pasarkan ke masyarakat dan petugas Rutan dengan harga berani bersaing tentunya. Selain itu kita juga ada terong yang masih dalam proses," kata petugas pengelolaan pembinaan kepribadian WBP, Satrya Dharma, Senin 19 Desember 2022.

Dia melanjutkan, hasil dari panen raya tersebut akan dijual dengan harga Rp5.000 per kilogram. Namun, sebelum ke pasaran, petugas setempat justru sudah berbondong-bondong untuk membelinya. Petugas setempat begitu antusias karena memang sudah mengetahui sistem penanamannya yang alami. 

Sementara itu, Kepala Rutan Negara, Lilik Subagiyono menuturkan, pembinaan di Rutan Negara tidak hanya mendapatkan dukungan dari pihak internal, melainkan juga dari pihak external. Seperti pada halnya pembinaan di bidang peternakan yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Jembrana.

"Kita akan terus dorong pembinaan di Rutan sesuai dengan amanat Undang-undang Pemasyarakatan. Kedepannya kita akan terus tingkatkan kemampuan WBP melalui sinergitas dengan pihak external," tandasnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved